Tips Cara Menyimpan Masker yang Wajib Kamu Tahu

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 21 Okt 2020 16:05 WIB
Pretty woman wearing a medical mask and pointing finger up on white background Cara menyimpan masker (Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrei Nasonov)
Jakarta -

Semua sudah tahu bahwa memakai masker penting demi melindungi diri dan orang lain di tengah masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Untuk memaksimalkan perlindungan, perlu diperhatikan pula cara menyimpan masker yang benar.

Ada kalanya kita harus membuka masker ketika beraktivitas di luar rumah. Misal saat kita hendak makan atau minum.

Mengingat menurunkan masker ke dagu sangat bukan opsi yang aman, sebaiknya masker dilepas saja. Namun, sebaiknya masker jangan diletakkan sembarangan.

Menurut anjuran dr. Alfi Auliya Rachman dari Rumah Sakit Family Medical Center (FMC) Bogor, masker sebaiknya disimpan di wadah khusus.

"Di masa seperti ini, kita perlu yang namanya new normal kit. Salah satunya dua kotak khusus, satu untuk menyimpan masker bersih, satu lagi buat yang kotor," saran dia di acara jumpa pers virtual peluncuran masker AIRism Uniqlo, Rabu (21/10/2020).

Tak harus kotak, menyimpan masker di wadah berbahan plastik pun tak masalah. Apabila tidak memiliki keduanya, ada opsi lain.

Peluncuran Masker AIRismMelanie Putria, dr. Alfi Auliya Rachman, dan Marketing Manager UNIQLO Indonesia Evy Christina saat jumpa pers virtual peluncuran masker AIRism Uniqlo. (Foto: Dok. Uniqlo Indonesia)

"Kita tutup masker pakai tisu atau kain besar juga tidak apa-apa. Intinya supaya masker tidak kontak dengan barang-barang luar," kata pria yang juga Mitra Dokter Halodoc itu.

Cara Memakai Masker

Dalam kesempatan tersebut, ia sekaligus mengingatkan kembali cara memakai masker yang aman. Langkah pertama, pastikan masker tersebut baru dan bersih. Lalu sebelum memakainya, cuci tangan terlebih dahulu.

"Jangan lupa, pegang bagian talinya setiap kali memakai atau melepas. Pastikan pula masker benar-benar menutupi bagian hidung dan mulut," terangnya.

(dtg/dtg)