Wawancara Eksklusif

JW Anderson Hadirkan London dan Paddington di Koleksi Baru Uniqlo

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 20 Okt 2020 13:50 WIB
Koleksi Uniqlo x JW Anderson Autumn/Winter 2020 Koleksi Uniqlo x JW Anderson Autumn/Winter 2020 (Foto: Dok. Uniqlo)
Jakarta -

Kolaborasi Uniqlo dengan desainer kenamaan JW Anderson berlanjut. Setelah terilhami oleh keindahan pedesaan Inggris untuk koleksi terdahulu, kali ini sang desainer melirik kota London sebagai inspirasi koleksi Autumn/Winter 2020.

'A Day in London', begitu tema koleksi terbaru Uniqlo x JW Anderson ini. "Musim lalu semuanya tentang countryside di Inggris dan untuk koleksi ini kami mencoba mengadaptasikan elemen JW Anderson dan warisan budaya Inggris ke koleksi yang senada dengan kehidupan perkotaan," kata JW Anderson melalui surel kepada Wolipop detikcom baru-baru ini.

Koleksi Uniqlo x JW Anderson Autumn/Winter 2020Koleksi Uniqlo x JW Anderson Autumn/Winter 2020 (Foto: Dok. Uniqlo)

Desainer kelahiran Irlandia Utara itu lalu menuangkan inspirasinya ke dalam beragam outerwear berpotongan klasik dengan twist kekinian. Di jajaran busana wanita, hadir trench coat bermotif plaid hingga shearling jacket yang stylish dengan lining kulit nan edgy.

Tak cuma busana wanita, koleksi ini juga didedikasikan bagi para pria dan anak-anak. Salah satu busana yang menjadi highlight adalah duffle coat untuk pria. "Saya menyukainya. Terasa seperti Paddington Bear yang kental unsur Inggris-nya," ungkap pria 36 tahun itu.

Material dan siluet baru turut dieksplornya kali ini. "Ada banyak pilihan jumper bagus berbahan kasmir yang belum pernah kami buat," tambah JW Anderson.

Koleksi Uniqlo x JW Anderson Autumn/Winter 2020Koleksi Uniqlo x JW Anderson Autumn/Winter 2020 (Foto: Dok. Uniqlo)

Harga Koleksi Uniqlo x JW Anderson

Koleksi Autumn/Winter 2020 Uniqlo x JW Anderson ini makin diperkuat dengan ragam pilihan aksesori, seperti scarf, kaus kaki dan tas. Semua koleksi terbaru ini sudah bisa didapatkan di toko-toko Uniqlo. Koleksi lengkap hadir di Uniqlo Pondok Indah Mall.

Harga aksesori dipatok dari Rp 50 ribu. Adapun pakaian pria dan wanita, berkisar antara Rp 399 ribu dan Rp 1,6 juta. Sementara itu, busana anak dijual dari harga Rp 199 ribu.

Tantangan JW Anderson

Dalam proses kreatif, setiap koleksi tentu memiliki tantangan tersendiri. Namun, berkreasi di tengah pandemi benar-benar di luar dugaan.

JW Anderson dan timnya mempersiapkan koleksi ini ketika pandemi COVID-19 melanda dunia. Akan tetapi, itu tak menyurutkan semangat JW Anderson untuk berkreasi. "Kami malah termotivasi untuk mendesain dan berkomunikasi dengan cara baru yang lebih kreatif. Misal fitting lewat zoom dan mempresentasikan koleksi dengan konsep yang berbeda. Penuh tantangan memang, tapi juga banyak keseruan," katanya.

LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 14:  Designer J.W. Anderson acknowledges the audience after the J.W. Anderson show during London Fashion Week SS14 on September 14, 2013 in London, England.  (Photo by Tim P. Whitby/Getty Images)Desainer JW Anderson (Foto: Getty Images/Tim P. Whitby)

Di luar koleksi ini, JW Anderson pun sibuk menggarap koleksi untuk label pribadinya dan Loewe. Sudah delapan tahun ia menjabat sebagai direktur kreatif brand ternama asal Spanyol itu.

Label JW Anderson sendiri telah eksis sejak 2008. Berkat dedikasinya di label ini, ia meraih penghargaan brand of the year di The Fashion Awards 2015 yang digelar oleh British Fashion Council. Tak hanya satu, tapi dua sekaligus: kategori busana pria dan busana wanita. Pertama kalinya dalam sejarah ajang tersebut sebuah jenama memenangkan dua penghargaan itu di tahun yang sama.

(dtg/dtg)