4 Cara Mendapatkan Vitamin D untuk Imunitas Cegah Corona

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 06 Okt 2020 05:45 WIB
Profile of a couple of man and woman breathing deep fresh air together at sunset Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Memiliki imunitas tubuh yang kuat di tengah pandemi Corona saat ini adalah hal yang sangat penting. Agar imunitas tubuh bisa terjaga dengan baik, pastinya kamu harus menjalankan hidup sehat dan memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuhmu, salah satunya vitamin D. Vitamin D untuk imunitas sendiri sebenarnya bisa kamu dapatkan dari berbagai macam sumber.

Tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan imunitas, vitamin D juga merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu seperti dikutip dari Insider, beberapa penelitian mengatakan bahwa vitamin D juga bisa mencegah infeksi virus Corona. Sebaliknya, jika kamu kekurangan vitamin D maka itu dapat meningkatkan kerentananmu terhadap infeksi. Agar vitamin D dalam dirimu bisa tercukupi, berikut ini beberapa cara mendapatkan vitamin D untuk imunitas.

1. Berjemur di Luar Ruangan

Close up portrait of a beautiful african american woman smiling with sunsetIlustrasi berjemur di luar ruangan. Foto: Thinkstock

Sinar matahari adalah cara natural yang paling baik untuk mendapatkan asupan vitamin D. Untuk mendapatkannya, kulitmu harus benar-benar terpapar dengan sinar matahari. Sehingga setelahnya kulit dapat memproduksi nutrisi dan vitamin D dari sinar matahari tersebut.

Ada mitos bahwa kita mendapatkan vitamin D hanya dari berjemur di bawah sinar matahari, tetapi yang sebenarnya terjadi adalah senyawa (seperti prohormon) di kulit Anda bereaksi dengan sinar UVB matahari untuk menghasilkan vitamin D, yang berarti kulit kita sebenarnya harus terpapar mendapatkan manfaatnya," jelas Bonnie Taub-Dix, seorang ahli gizi diet terdaftar.

Oleh sebab itu semakin lama kamu menghabiskan waktu di luar untuk berjemur maka semakin besar kemungkinanmu untuk memperoleh vitamin D yang cukup bagi tubuh. Tapi ternyata menurut Bonnie, berjemur dengan menggunakan tabir surya justru dapat mengganggu proses tersebut. Selain itu, penuaan juga dapat membuat prosesnya menjadi kurang efisien. Dan sekalipun kamu mendapatkan banyak sinar matahari, kamu tetap tidak bisa mengandalkannya sebagai satu-satunya sumber vitamin D mu.

2. Mengonsumsi Telur, Ikan, dan Hati

Beaten eggs and whisk in a ceramic bowl. In this photograph the bowl of eggs is placed on a rustic wooden surface, the whisk is placed in the bowl of eggs and is projecting out of the photograph. The egg shells from the beaten eggs are placed on the wooden surface. This photograph is taken with natural light. The image is intended for chefs, cooks, restaurants and egg sellers, as well as other.Ilustrasi vitamin D untuk imunitas. Foto: iStock

Tidak hanya melalui sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan seperti telur, ikan, dan hati. Beberapa ikan seperti tuna dan salmon tinggi akan kandungan vitamin D. Selain itu, telur juga bisa menjadi sumber vitamin D bagi tubuh. Telur menyediakan setidaknya sepersepuluh dari kebutuhan vitamin D yang kamu butuhkan. Mengonsumsi telur dadar bisa memberimu 25% dari dosis harian yang harus kamu penuhi. Sedangkan hati sapi, yang mungkin tidak banyak disukai oleh orang-orang, pada kenyataannya memiliki kandungan nutrisi dan vitamin D yang baik bagi tubuh.

3. Bagi Vegetarian, Konsumsi Jamur

A nice flush of fresh organic Shiitake Mushrooms growing on Red Oak logs ready for harvest.Ilustrasi vitamin D untuk imunitas. Foto: iStock

Ternyata jamur adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan vitamin D. Menurut Bonnie, jamur yang telah dikeringkan bahkan lebih baik karena telah diproses dengan menggunakan sinar UV. Jamur shiitake segar bisa memenuhi sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin D harianmu. Sedangkan shiitake kering menurut Bonnie dapat memenuhi sehari penuh kebutuhan vitamin D mu.

4. Suplemen

ilustrasi minum vitaminilustrasi minum vitamin Foto: ilustrasi/thinkstock

Untuk membantu melengkapi kebutuhan vitaminmu setiap hari, kamu bisa mengonsumsi suplemen. Jika kamu merasa makanan dan berjemur sinar matahari saja tidak cukup, maka untuk memastikannya kamu bisa mengonsumsi suplemen. Baru-baru ini bahkan ahli gizi terkemuka di Inggris merekomendasikan agar orang-orang menambah asupan vitamin D selama pandemi. Namun perlu kamu tahu bahwa tidak ada jumlah vitamin tertentu yang dapat mencegah atau menyembuhkan penyakit, termasuk virus Corona. Terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin justru dapat membuatmu sakit. Oleh karena itu hal yang terpenting adalah dengan tetap menjalankan gaya hidup sehat dan mengikuti aturan pencegahan virus Corona yang telah ditetapkan.

Demikiankan beberapa cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D untuk imunitas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(vio/vio)