Ini Penjelasan Ilmiah di Balik Wajah Jutek

Hary Lukita Wardani - wolipop Kamis, 24 Sep 2020 19:39 WIB
PARIS, FRANCE - JANUARY 22:  Kristen Stewart attends the Chanel Haute Couture Spring Summer 2019 show as part of Paris Fashion Week on January 22, 2019 in Paris, France.  (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images) Foto: Getty Images
Jakarta -

Apakah kamu pernah dinilai jutek terhadap orang lain? Padahal berkomunikasi dengan mereka saja belum pernah. Jangan sedih, ternyata banyak lho yang mengalami hal seperti kamu. Lantas apa sih sebenarnya yang membuat kamu selalu dianggap jutek? Padahal karakter aslinya tidak seperti itu.

Punya wajah jutek atau istilahnya sering disebut resting bitch face dimiliki oleh sebagian orang di dunia. Wajah seperti itu kerap menimbulkan persona bahwa kamu tidak bahagia, selalu merasa kesal, dan bisa juga dianggap sebagai orang yang tidak ramah. Sejumlah selebriti yang memiliki resting bitch face adalah Kristen Stewart sampai Kanye West.

Seorang penulis dan pendiri Science of People Vanessa Van Edwards menjelaskan dalam melakukan penelitian untuk bukunya, dirinya menemukan studi yang menarik tentang ilmu wajah jutek. Terungkap alasan mengapa wajah orang bisa terlihat tenang, dan ada pula orang dengan wajah jutek.

Apa yang Membuat Wajah Jutek?

Seorang ahli saraf, Jason Rogers menunjukan gambar netral wajah selebriti melalui perangkat lunak pemindaian wajah untuk menemukan perbedaan antara mereka yang memiliki wajah jutek dan mereka yang tidak. Dia menemukan bahwa wajah netral yang khas hanya akan mencatat sekitar 3% emosi tersembunyi.

Berbeda dengan orang-orang dengan wajah jutek, menunjukkan rata-rata 6% emosi yang mendasari. Sebagian besar dari itu menunjukkan ekspresi penghinaan. Penghinaan penuh ditunjukkan saat satu sisi mulut sedikit terangkat.

Hal tersebut terkait dengan fitur wajah. Beberapa orang memiliki bentuk bibir yang sedikit terangkat, hal tersebut yang membuat wajah mereka terkesan jutek, padahal mereka merasa netral. Hal tersebut bisa menyebabkan masalah karena dengan tipe wajah seperti itu seolah berekasi negatif seperti kebencian dan penghinaan untuk orang lain.

Ciri-ciri lain wajah jutek adalah fitur wajah yang cenderung turun ke bawah. Misalnya, beberapa orang memiliki mata tertunduk, kedua sudut mulut ke bawah yang membuat mereka terkesan kesal. Inilah mengapa orang sering mengira kamu jutek padahal tidak ada yang salah.

Cara untuk Membuat Wajah Lebih Ramah

1. Saat kamu melihat seseorang, lihatlah mereka dan usahakan matamu lebih terbuka.

2. Gunakan riasan untuk membentuk kembali mata kamu yang tertunduk. Untuk mata yang tertunduk, wanita bisa menggunakan eyeliner dan bayangan untuk menarik lebih banyak perhatian ke mata bagian atas agar terlihat lebih terbuka.

3. Memiliki fitur bibir yang mengarah ke bawah membuatmu tampak jutek. Untuk itu berlatihlah untuk tersenyum kecil untuk menghilangkan kesan tidak ramah.

4. Sebenarnya kamu tidak berkewajiban untuk mengubah wajah jutek yang kamu miliki. Itu adalah bagian dari diri kamu dan jika kamu memilih untuk menerimanya, kamu dapat memastikan orang-orang yang berada di sekitar menilai berdasarkan kata-kata dan tindakan bukan sesuatu yang dangkal seperti hanya melihat dari wajah.



Simak Video "Hasil Studi: Menikah Kurangi Risiko Kematian pada Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)