Ini Masalah Kesehatan yang Bisa Dialami Para Pemilik Perut Buncit

Eny Kartikawati - wolipop Senin, 24 Agu 2020 06:23 WIB
tips perut buncit Bahaya perut buncit menurut riset. Foto: iStock
Jakarta -

Perut buncit bukan hanya bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri tapi juga mendatangkan masalah kesehatan. Riset yang dilakukan pada anak muda dan orang dewasa ini mengungkap risiko kesehatan dari para pemilik perut buncit.

Penelitian yang dilakukan terhadap 22.211 anak muda dan orang dewasa di Amerika Serikat menunjukkan, orang yang memiliki berat badan berlebih atau perut buncit ternyata berisiko lebih tinggi terkena penyakit migrain.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang lebih mudah terkena migrain, yaitu usia, jenis kelamin dan bagaimana cara tubuh mendistribusikan lemak. Orang yang berusia 20 sampai 50 tahun dan memiliki lingkar pinggang yang besar, cenderung lebih mudah terkena migrain dibandingkan dengan orang yang memiliki lingkar pinggang kecil.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah, wanita yang memiliki lemak berlebih di bagian perut alias berperut buncit memiliki risiko terkena migrain sebesar 37 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak, yaitu sebesar 29 persen. Sedangkan pada pria berusia 20 sampai 55 tahun dengan lemak berlebih di perut sebesar 20 persen, dibandingkan dengan yang tidak sebesar 16 persen.

Bagi wanita dan pria yang berusia di atas 55 tahun, total lemak tubuhnya sudah tidak dapat dihubungkan lagi dengan migrain. Karena risiko terkena migrain akan menurun pada wanita yang berusia lebih dari 55 tahun meskipun memiliki lingkar pinggang yang besar.

"Hasil ini menunjukkan bahwa dengan menghilangkan atau mengurangi lemak yang ada di perut, mungkin bisa memberikan manfaat bagi orang muda yang sering mengalami migrain, khususnya bagi wanita," ujar Dr. B Lee Peterlin dari Drexel University College of Medicine di Philadelphia, seperti dikutip dari HealthDay.

Peterlin mengungkapkan bahwa wanita dan pria memiliki cara distribusi lemak yang berbeda. Setelah mengalami masa puber, wanita cenderung lebih banyak menyimpan lemaknya pada daerah pinggul dan paha. Namun, setelah mengalami menopause, wanita lebih banyak memiliki lemak di daerah perut.

Untuk beberapa penyakit seperti jantung dan diabetes, kelebihan lemak di seputar daerah pinggang akan menjadi faktor risiko yang lebih kuat dari total lemak tubuh. Jadi apakah kamu masih nyaman punya perut buncit?

(eny/eny)