8 Tips Agar Tetap Aman saat Makan Siang di Restoran atau Mall

Vina Oktiani - wolipop Senin, 15 Jun 2020 18:30 WIB
Wanita makan Foto: iStock
Jakarta -

Masa new normal dan PSBB transisi, banyak restoran dan mall yang sudah kembali dibuka untuk umum. Namun kamu tetap harus menyadari bahwa makan di tempat umum bisa membawa risiko bagi kesehatan. Walaupun saat ini kebanyakan restoran sudah mewajibkan para karyawannya untuk menggunakan masker serta face shield, tindakan preventif dari sendiri tetap harus dilakukan. Seperti dikutip dari CNN Travel, para pengunjung yang sedang makan dan berbicara juga bisa membantu penyebaran virus Corona.

Cara yang bisa dicoba untuk mengurangi risiko infeksi Corona di restoran adalah dengan memberi jarak dan menutupi sekeliling meja dengan pelindung seperti kaca atau semacamnya, atau dengan meletakkan meja di ruangan yang berbeda. Setiap ruangan yang sedang dipakai perlu ditutup. Selain itu, pihak restoran juga harus melakukan beberapa pengecekan pada pelanggan yang datang, seperti mengecek suhu tubuh atau memberi pertanyaan seputar gejala COVID-19 yang mungkin dialami.

Pihak restoran juga perlu rutin mencuci peralatan makanan secara teratur, seperti, gelas, piring, sendok, garpu, serbet, serta taplak meja. Pencucian secara teratur akan membantu menonaktifkan virus. Meja tempat para pelanggan makan juga perlu selalu dibersihkan dan disterilkan sebelum digunakan oleh pelanggan yang baru. Namun tidak hanya pihak restoran, para pelanggan yang akan makan di restoran atau mall juga perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan. Seperti dikutip dari Forbes, berikut ini 8 tips agar tetap aman saat makan siang di restoran atau mall.

1. Cek Restoran yang Akan Dikunjungi

Tips agar tetap aman saat makan siang di restoran atau mall yang pertama adalah dengan mengecek terlebih dahulu restoran atau tempat makan yang akan dikunjungi, bagaimana tindakan pencegahan kesehatan yang sudah dilakukannya. Jika dalam website atau media sosial restoran tersebut tidak mencantumkan protokol kesehatan mengenai COVID-19, maka kemungkinan besar restoran tersebut tidak benar-benar peduli dengan pandemi Corona yang tengah berlangsung saat ini. Jadi kamu mungkin harus lebih berhati-hati dengan restoran tersebut.

2. Menghubungi Pihak Restoran

Tips agar tetap aman saat makan siang di restoran atau mall yang kedua adalah dengan menghubungi pihak restoran terlebih dahulu untuk mengetahui tindakan pencegahan apa saja yang sudah dilakukan. Misalnya, apakah pramusaji dan orang-orang di restoran tersebut sudah diwajibkan menggunakan penutup wajah seperti masker dan face shield atau belum. Jika pihak restoran terkejut mendengar pertanyaanmu maka kemungkinan besar itu bukanlah pertanda yang baik.

3. Terapkan Jarak Sosial

Tips agar tetap aman saat makan siang di restoran atau mall yang ketiga adalah dengan menerapkan jarak sosial. Usahakan untuk selalu memberi jarak setidaknya 2 meter dengan orang lain yang tidak tinggal bersama denganmu. Pertahankan jarak tersebut jangan sampai kamu semakin mendekat atau bahkan bersentuhan dengan orang lain.

4. Tidak Menggunakan Jasa Parkir Valet

Tips agar tetap aman saat makan siang di restoran atau mall yang keempat adalah dengan tidak menggunakan jasa parkir valet. Usahakan untuk memarkir kendaraanmu sendiri dan jangan biarkan sembarangan orang masuk ke dalam mobilmu.

5. Rutin Mencuci Tangan

Tips agar tetap aman saat makan siang di restoran atau mall yang kelima adalah dengan rutin mencuci tangan Usahakan selalu mencuci tangan setiap akan memasuki dan keluar dari restoran. Pastikan kamu mencuci tangan selama setidaknya 20 detik. Agat tidak terasa membosankan, kamu bisa melakukannya sambil bernyanyi.

6. Pilih Tempat Duduk di Luar Ruangan

Tips agar tetap aman saat makan siang di restoran atau mall yang keenam adalah dengan memilih tempat duduk yang berada di luar ruangan. Jika memungkinkan, maka pilihlah tempat duduk untuk makan yang berada di luar. Untuk mengurangi risiko terinfeksi Corona, berada di luar ruangan jauh lebih baik dibandingkan di dalam ruangan. Walau demikian, kamu tetap harus menjaga jarak sejauh 2 meter dengan orang-orang yang tidak tinggal bersamamu.

7. Hindari Makanan Prasmanan

Tips agar tetap aman saat makan siang di restoran yang ketujuh adalah dengan menghindari makanan atau minuman yang bisa diambil sendiri-sendiri atau prasmanan. Itu akan meningkatkan risiko terinfeksi karena kamu akan menggunakan peralatan yang telah digunakan dan tersentuh oleh orang lain.

8. Cek Sebelum Menggunakan Toilet

Tips agar tetap aman saat makan siang di restoran yang kedelapan adalah dengan mengecek kelengkapan di dalam toilet terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Kamu perlu mencuci tangan setelah selesai dari toilet, oleh karena itu penting untuk memastikan apakah toilet tersebut menyediakan sabun, tissue, dan hand sanitizer yang cukup.



Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)