Kebiasaan Simpel Saat Mandi yang Bisa Tingkatkan Imum Hingga Kurangi Stres

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 02 Jun 2020 19:30 WIB
Ilustrasi mandi tanpa sabun Foto: iStockphoto
Jakarta -

Mandi memang paling nyaman dengan air hangat. Apalagi untuk kamu yang tinggal di daerah dingin atau saat cuaca sedang hujan. Banyak orang yang menganggap jika mandi air hangat akan menghindarkan kita dari sakit. Tapi para pakar justru menyarankan sebaliknya tentu saat tubuh tetap sehat. Mandi air dingin pun punya berbagai manfaat, termasuk meningkatkan imun yang tentu penting di tengah pandemi seperti sekarang.

Kebiasaan mandi dengan air hangat setiap pagi atau malam memang tidak salah. Tapi untuk lebih sehat, kamu bisa beralih sebentar ke air dingin dan mengguyurkannya ke badan selama 30 detik. Hal ini dikatakan bisa membuat kulit lebih halus, mengurangi jerawat serta eksim, melancarkan sirkulasi darah, hingga badan terlihat lebih kencang.

Metode ini pun merupakan replikasi Wim Hof Method yang menuntut seseorang berendam ke bak air dingin selama satu menit. Menurut pria yang disebut sebagai Ice Man tersebut, cara ini bahkan bisa mengurangi gejala penyakit autoimun, asma, Parkinson, artritis, hingga sklerosis ganda.

Dan meski dilakukan pada malam hari, berguyur air dingin punya manfaat yakni membuat tidur lebih cepat. Sedangkan air hangat yang memang lebih menenangkan dianggap bisa membuang sebum alami kulit atau lapisan minyak terluar sehingga kulit bisa jadi kering, bengkak, dan terjadi inflamasi. Berikut tiga manfaat berguyur air dingin selama setengah menit saat mandi.

1. Mengurangi Tingkat Stres
Stres karena pekerjaan atau masalah pribadi sering membuat kamu merasa terbebani. Rutin mandi dengan air dingin pun bisa dicoba untuk sedikit mengurangi. Dilansir Wim Hof Method, mandi air dingin akan membawa tubuh melalui proses yang dinamakan 'hardening'. Setelah proses tersebut, otak akan mendingin dan mengurangi banyaknya beban pikiran.

2. Meningkatkan Kesadaran
Tentu kamu akan lebih bangun ketika mandi dengan air dingin dibanding air hangat. Karenanya mandi air dingin di pagi hari cukup penting, paling tidak kamu bisa mengguyurkannya ke tubuh selama 30 detik. Dinginnya air akan menstimulasi kamu untuk mengambil napas dalam, meningkatkan level CO2 ke seluruh tubuh. Dengan begitu, nantinya kamu akan lebih konsentrasi.

3. Meningkatkan Sistem Imun
Tak selalu bikin sakit atau flu, mandi air dingin justru bisa meningkatkan sistem imun karena bertambahnya sel darah putih dalam tubuh. Sel darah tersebut akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Para peneliti percaya jika proses itu ada kaitannya dengan meningkatkan tingkat metabolisme yang menstimulasi respon imun.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)