Pakai Masker Efektif Cegah Corona? Eksperimen Viral Ini Punya Jawabannya

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 27 Mei 2020 14:01 WIB
Beautiful female jogger putting protective mask on her face to protect herself from virus or allergy infection. Sunset in background. Foto: Facebook Katie Corley
Jakarta -

Seluruh masyarakat diwajibkan untuk selalu menggunakan masker penutup wajah di tengah pandemi Corona ini. Masker penutup wajah dipercaya dapat membantu meminimalisir penyebaran virus dan kuman, sehingga dapat menekan pertumbuhan virus Corona. Benarkah masker bisa mencegah Corona?

Baru-baru ini salah satu unggahan dari akun Facebook bernama Katie Corley mendadak viral dan banyak disukai karena membuktikan kefekifan masker. Postingan yang diunggah pada 7 Mei dan telah dibagikan oleh lebih dari 8 ribu pengguna Facebook lainnya itu memperlihatkan hasil eksperimen untuk menguji keefektifan penggunaan masker penutup wajah.

Seperti apa eksperimennya? "Saya batuk di dua piring petri, satu sambil memakai masker dan satu tidak. Mengejutkan! Yang sebelah kiri tanpa pertumbuhan adalah ketika saya menggunakan masker! Yang sebelah kanan adalah saat saya tidak menggunakan masker dimana bakteri banyak bertumbuh. Jadi ya, mungkin masker kain tidak memberi banyak perlindungan, tetapi mereka melindungi orang-orang disekitarmu," tulis Katie dalam unggahan yang telah disukai oleh lebih dari dua ribu pengguna Facebook itu.

Dalam keterangannya di Facebook, Katie juga menuliskan bahwa eksperimen visualnya itu ditujukan untuk para ahli teori konspirasi. Sayangnya, unggahan tersebut tidak benar-benar memberikan penjelasan apakah saat melakukan eksperimen Katie menggunakan masker kain atau masker berbahan lainnya.

"Masker jenis apa yang kamu gunakan?," tanya salah satu netizen dalam kolom komentar.

"Kamu seharusnya memperlihatkan masker jenis apa yang kamu gunakan - ini tidak berarti kecuali kita mengetahuinya," tulis netizen lainnya.

Seperti yang dapat terlihat dalam unggahan, foto tersebut memang menampilkan perbedaan yang cukup signifikan antara wadah yang dibatuki saat menggunakan masker penutup wajah dan yang tidak. Pada wadah yang dibatuki dengan tidak menggunakan masker, pertumbuhan bakteri terlihat cukup pesat hingga hampir menutupi seluruh sisi wadah.

Walaupun Katie tidak menyebutkan secara detail masker yang digunakannya, tapi dia sudah mengatakan melalui keterangan fotonya, bahwa sekalipun masker kain tidak menawarkan banyak perlindungan dibandingkan jenis masker lainnya, tetapi dengan menggunakan masker kain kamu bisa membantu melindungi orang-orang di sekitarmu.



Simak Video "Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)