Apakah Benar Obat Kumur Bisa Cegah Infeksi COVID-19?

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 16 Mei 2020 03:30 WIB
Woman in bathroom Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pandemi Corona membuat setiap orang semakin berhati-hati dalam menjaga kesehatannya. Tidak heran, berbagai macam produk-produk yang diklaim dapat membunuh virus, bakteri, serta mencegah infeksi COVID-19 pasti laris di pasaran selama pandemi. Misalnya, hand sanitizer, tisu, dan masker.

Baru-baru ini sebuah penelitian telah menemukan bahwa obat kumur memiliki potensi untuk melindungi tubuh dari infeksi COVID-19. Seperti dikutip dari Metro, obat kumur dapat membunuh virus sebelum virus tersebut menginfeksi sel manusia. Tim peneliti Internasional mengatakan bahwa obat kumur dapat menghancurkan lapisan terluar atau 'amplop' virus dan mencegahnya berkembang biak di mulut serta tenggorokan.

Namun sayangnya belum ada penelitian dan percobaan yang menguji efektivitas obat kumur terhadap infeksi COVID-19. Jadi, apakah benar obat kumur bisa melindungi tubuh dari COVID-19?

Menurut Sunny Sihra, dokter gigi dan pendiri The Simply Teeth Clinic, saat ini bukan waktu yang tepat untuk membeli obat kumur dalam jumlah besar. Walaupun menurutnya laporan tersebut cukup menarik, namun, dia menyarankan agar orang lain tidak terburu-buru berpikir bahwa obat kumur dapat mengurangi atau menyembuhkan mereka dari COVID-19.

"Ada banyak alasan mengapa obat kumur dapat membantu berkontribusi dalam mengurangi penularan, namun menurut saya hal itu masih abu-abu sehingga sulit mengatakan 100% dalam masalah ini," kata Sunny.

Sunny mengatakan yang terpenting saat ini adalah menjaga kesehatan mulut dan mengikuti gaya hidup yang sehat. Namun Sunny juga tidak menampik bahwa memang ada kemungkinan obat kumur dapat mencegah COVID-19.

Menurut penuturan Sunny, sebagian besar obat kumur mengandung alkohol, yang merupakan kandungan yang sama seperti dalam hand sanitizer. Kandungan tersebut berfungsi untuk membunuh bakteri jahat. Jadi hal itu bisa berarti jika kamu mengunakannya sebanyak dua kali sehari, maka kemungkinan besar kamu akan terhindar dari bakteri dan virus yang ada di mulutmu. Namun perlu diingat bahwa hal itu masih merupakan spekulasi.

"Ya, obat kumur adalah cara terakhir yang baik untuk dimasukkan dalam rutinitas gigi keseharianmu untuk memastikan bahwa kamu telah menyingkirkan semua plak dan bakteri yang menempel, tetapi sangat tidak mungkin hal itu akan sepenuhnya mencegahmu terinfeksi COVID-19, terutama karena kamu bisa terinfeksi melalui bagian tubuh lainnya, seperti mata dan hidung," jelas Sunny.

Sunny menyarankan untuk saat ini yang terbaik adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi mengandung flouride, menggunakan benang gigi, lalu setelahnya bersihkan dengan obat kumur. Berkumurlah beberapa kali hingga menjangkau bagian belakang tenggorokan dan amandel. Setelah satu menit, keluarkan dan cuci mulut dengan air segar.



Simak Video "5 Tips Aman ala dr Reisa agar Terhindar COVID-19 Saat Terima Paket"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)