Keren, Mahasiswi Buat Masker Khusus Orang Tuli dan Kesulitan Mendengar

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 03 Apr 2020 13:38 WIB
masker tuli Foto: Facebook
Jakarta -
Kini masker menjadi barang wajib punya bagi banyak orang, terutama mereka yang sakit atau harus beraktivitas di tengah pandemi Corona. Meski membantu mengurangi risiko terinfeksi Covid-19, masker tradisional bisa jadi menyulitkan bagi mereka yang kesulitan mendengar. Tak terpikirkan banyak orang, mahasiswi bernama Ashley Lawrence pun membuatkan masker agar kita bisa saling berkomunikasi dengan orang tuli.

Ide untuk membuatkan masker untuk orang tuli dan kesulitan mendengar terinspirasi ketika ia melihat banyaknya orang membuat masker sendiri. Lalu Lawrence menyadari jika belum ada yang mendesain untuk komunitas tuli dan kesulitan mendengar. Wanita 21 tahun itu lalu memutuskan untuk membuatkannya sendiri.

masker tulimasker tuli Foto: Facebook
"Jadi sebelum pandemi, masker dibuat dan dikomersilkan untuk membantu orang yang kehilangan pendengaran punya akses untuk membaca mulut dokter mereka. Karena kekurangan masker, semua orang membuat masker sendiri jadi aku pikir: mengapa aku tidak membuatnya untuk mereka? Ini lah bagaimana ita tetap #HealthyatHome," katanya di Facebook.

Lawrence sendiri memang seorang mahasiswa di jurusan pendidikan untuk orang tuli di Eastern Kentucky University. Karenanya, ia cukup mengerti kebutuhan mereka yang kurang bisa mendengar dengan baik bahkan sama sekali.

masker tulimasker tuli Foto: Facebook
Mahasiswi itu pun membuat desain masker di mana orang lain masih bisa melihat bagian mulut. Karenanya, masker dibuat transparan di bagian tengahnya. Selain bisa membaca gerakan bibir, layar transparan juga akan memperlihatkan ekspresi seseorang yang juga penting dalam bahasa isyarat.

Desain masker untuk orang tulis buatan Lawrence tentu langsung mendapat respon positif dari komunitas tuli dan kesehatan. Lawrence pun mengaku akanmenyempurnakanmaskernya agar lebih mudah dipakai. Lalu ia bisa membuatkan masker atau memberikan polanya.




Simak Video "Cara Mudah Cegah Kacamata Berkabut saat Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)