3 Vitamin untuk Imun Tubuh Agar Terhindar dari Virus Corona

Vina Oktiani - wolipop Senin, 16 Mar 2020 17:16 WIB
Vitamin Vitamin untuk Imun Tubuh / Foto: shutterstock
Jakarta -

Maraknya pasien yang terjangkit Covid-19 atau virus Corona secara tidak langsung mengingatkan kita untuk kembali menjaga kesehatan tubuh. Dan memastikan bahwa kita memiliki imunitas tubuh yang baik untuk melawan infeksi Covid-19 atau virus Corona.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain dengan berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat, penting juga untuk mengonsumsi vitamin untuk imun tubuh.

Sebenarnya vitamin bisa didapatkan dari suplemen dan juga makanan-makanan yang dikonsumsi. Tapi manakah yang lebih baik? Seperti dikutip dari Cleveland Clinic, menurut ahli diet, Zumpano, RD, LD, lebih baik mendapatkan vitamin melalui makanan daripada suplemen-suplemen yang dijual di apotek.

"Berkonsultasilah dengan penyedia layanan kesehatanmu jika kamu memilih memperoleh vitamin dari makanan dibandingkan suplemen," kata Zumpano.

Hal ini dikarenakan beberapa suplemen mungkin memiliki efek samping, terutama jika dikonsumsi sebelum operasi atau bersamaan dengan obat lainnya. Selain itu, suplemen juga dapat menyebabkan masalah bagi beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Ada beberapa vitamin yang diperlukan dan dapat membantu tubuh agar tetap sehat. Menurut Zumpano, berikut ini tiga vitamin untuk imun tubuh yang dapat meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh dari virus dan bakteri.

1. Vitamin C
Vitamin untuk imun tubuh yang pertama adalah vitamin C. Vitamin C adalah vitamin yang paling penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Faktanya, kekurangan vitamin C dapat membuatmu lebih rentan terserang virus dan penyakit. Untuk memenuhi asupan vitamin C pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi beberapa buah dan sayur yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, strawberry, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli.

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang tidak diproduksi oleh tubuh sehingga kamu perlu memenuhinya dari luar. Untungnya, vitamin C terdapat pada banyak jenis makanan sehingga kamu tidak perlu lagi mengonsumsinya dari suplemen vitamin C.

2. Vitamin B6
Vitamin untuk imun tubuh yang kedua adalah vitamin B6. Vitamin B6 sangat penting untuk mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Untuk memperoleh vitamin B6, kamu bisa mengonsumsi ayam dan ikan air dingin, seperti salmon dan tuna. Selain itu, vitamin B6 juga banyak ditemukan dari sayuran-sayuran hijau dan buncis, yang merupakan bahan utama hummus.

3. Vitamin E
Vitamin untuk imun tubuh yang terakhir adalah vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk membantu tubuh melawan infeksi. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin E yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, dan bayam.

Selain itu, Zumpano juga menyarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang beragam agar memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Semakin banyak dan berwarna-warni sayur dan buah yang dikonsumsi maka akan semakin bagus.

"Cobalah untuk makan berbagai macam makanan, dan usahakan makan buah dan sayuran dari setiap warna-warna yang terdapat pada pelangi," kata Zumpano.

Menurutnya hal tersebut dapat membuat makananmu jadi terlihat lebih menarik. Selain itu, kamu juga akan memperoleh banyak vitamin dan nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari badan lemas dan lesu. Namun selain dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat, melakukan olahraga secara rutin juga penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)