Cara Mencegah Virus Corona Saat Naik Transportasi Umum

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 15 Mar 2020 16:01 WIB
Indonesia belum lama ini laporkan kasus pertama 2 WNI positif virus corona. Sebagai langkah pencegahan, warga di Jakarta pun kenakan masker saat beraktivitas. Cara mencegah virus corona saat naik transportasi umum. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Virus Corona adalah salah satu virus yang banyak ditakuti dan menyita perhatian Internasional. Hal ini dikarenakan penyebaran virus yang sangat cepat sehingga membuat setiap orang semakin was-was.

Namun tidak perlu khawatir karena kamu bisa melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar tidak terinfeksi Covid-19 atau virus Corona. Khususnya bagi para pengguna transportasi umum, pastinya harus lebih berhati-hati untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Berikut ini 7 cara mencegah virus Corona saat naik transportasi umum.

1. Hindari Menyentuh Menggunakan Jari Tangan

Cara mencegah virus Corona yang pertama saat berada di transportasi umum adalah sebisa mungkin hindari menyentuh permukaan dengan menggunakan jari ataupun telapak tangan. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan siku, lutut, kaki, dan bagian tubuh lainnya.

Namun jika kamu terpaksa harus menggunakan tangan, maka kamu bisa membungkus tanganmu terlebih dahulu dengan sweater atau jaket yang kamu miliki. Lebih mudah untuk menghilangkan virus dan bakteri dari pakaian dibandingkan dengan tangan, terutama jika setelahnya kamu akan menyentuh makanan atau bagian wajahmu.

Cara Mencegah Virus Corona Saat Naik Transportasi UmumFoto: Rengga Sancaya


2. Pilih Transportasi Umum yang Sudah Serba Otomatis

Cara mencegah virus Corona yang kedua saat berada di transportasi umum adalah dengan memilih angkutan umum yang sudah serba otomatis. Fasilitas tersebut akan membantumu untuk meminimalisir sentuhan sehingga kamu tidak perlu menggunakan tangan untuk menyentuh permukaan yang ada di transportasi umum tersebut. Misalnya saja, lebih memilih untuk menaiki transportasi umum yang sudah cashless atau teknik pembayarannya bisa melalui kartu sehingga kamu tidak perlu lagi menyentuh uang yang memiliki banyak bakteri dan virus di dalamnya.

Cara Mencegah Virus Corona Saat Naik Transportasi UmumCara mencegah virus corona saat naik transportasi umum. Foto: Rifkianto Nugroho



3. Perhatikan ke Mana Kamu Akan Membawa Ponselmu

Cara mencegah virus Corona yang ketiga saat berada di transportasi umum adalah perhatikan ke mana kamu akan membawa ponselmu. Beberapa transportasi umum seperti bus, pesawat, dan kereta memiliki toilet di dalamnya. Seperti yang banyak diketahui, toilet adalah salah sarang dari virus dan bakteri. Oleh sebab itu jika kamu pergi ke toilet, pikirkan dua kali untuk membawa ponselmu turut serta ke sana.

Namun jika kamu terpaksa harus membawanya maka jangan pernah meletakkan ponsel di atas permukaan toilet secara langsung. Kamu bisa meletakkan tisu terlebih dahulu agar ponsel tidak langsung terpapar oleh virus dan bakteri yang ada di permukaan toilet.

4. Hindari Bersalaman, Tos, dan Berpelukan

Cara mencegah virus Corona saat berada di transportasi umum yang keempat adalah dengan menghindari bersalaman, tos, dan berpelukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang kamu bisa saja bertemu dengan orang-orang yang kamu kenal saat berada di transportasi umum.

Namun cara terbaik untuk mencegah infeksi virus Corona adalah dengan tidak melakukan tos, salaman, ataupun berpelukan dengan orang tersebut. Menjaga jarak adalah hal terbaik untuk melindungi orang-orang yang lebih rentan karena tidak semua orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama.

5. Segera Cuci Tangan Setelah Pulang

Cara mencegah virus Corona yang kelima saat berada di transportasi umum adalah segera mencuci tangan setelah tiba di rumah. Terkadang kamu mungkin tanpa sadar menyentuh mata atau bagian wajahmu yang lain, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan. Setelah pulang dari menaiki transportasi umum maka segeralah ke kamar mandi dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih. Bahkan kamu juga bisa mencuci gagang keran untuk mencegah paparan virus dan bakteri kembali setelah mencuci tangan.

6. Siapkan Tisu Basah, Kering, dan Sapu Tangan di Dalam Tasmu

Cara mencegah virus Corona yang keenam saat berada di transportasi umum adalah dengan selalu menyiapkan tissue basah, kering, dan sapu tangan di dalam tasmu. Kamu bisa menggunakan barang-barang tersebut untuk membersihkan tangan atau sebagai penghalang antara tanganmu dengan benda-benda yang akan kamu gunakan. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari berbagai macam virus dan bakteri, terutama Covid-19.

7. Sebisa Mungkin Tidak Menyentuh Uang

Cara mencegah virus Corona saat berada di transportasi umum yang terakhir adalah dengan tidak menyentuh uang. Jadi, sebisa mungkin menggunakan transportasi umum yang sudah memiliki fasilitas cashless, sehingga semuanya bisa kamu bayar melalui kartu tanpa perlu menyentuh uang. Hal ini akan membantumu untuk terhindar dari infeksi Covid-19 atau virus Corona.

Demikianlah 7 cara mencegah virus Corona saat berada di transportasi umum yang dapat kamu jadikan rekomendasi. Semoga cara mencegah virus Corona ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semua orang, terutama yang seringkali menggunakan transportasi umum. Selamat mencoba!




Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)