Riset: Semakin Kamu Kurang Tidur Makin Banyak Orang Malas Berteman Denganmu

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 01 Mar 2020 21:27 WIB
ilustrasi tidur Foto: thinkstock
Jakarta -

Tidur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain bermanfaat untuk tubuh, tidur juga bisa menjaga kecantikan dan keremajaan kulit. Dan tahukah kamu bahwa tidur juga bisa berdampak pada perasaan orang lain kepadamu?

Faktanya menurut penelitian, tidur dapat mempengaruhi perasaan seseorang terhadapmu. Orang-orang yang kurang tidur akan lebih sedikit disukai oleh orang lain dibandingkan mereka yang tidur cukup. Mengapa demikian?

Seperti dikutip dari Brightside, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 17 Mei 2017, orang-orang tidak terlalu suka melihat orang lain dengan wajah mengantuk dan kurang tidur. Penelitian yang dilakukan oleh Tina Sundelin, Mats Lekander, Kimmo Sorjonen, dan John Axelsson ini melibatkan 25 orang sebagai respondennya. Para responden tersebut lalu diteliti dengan difoto sebanyak dua kali. Yang pertama setelah tidur selama 8 jam dan yang kedua setelah tidur hanya dalam waktu 4 jam selama 2 hari.

Kemudian sebanyak 122 orang asing diminta untuk melihat hasil foto-foto tersebut dan menilai seberapa besar keinginan mereka untuk bersosialisasi dengan orang yang berada di dalam foto. Selain itu, mereka juga diminta untuk menilai daya tarik, kesehatan, rasa ngantuk, dan kepercayaan dari orang yang berada di dalam foto.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa orang-orang cenderung kurang tertarik untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang terlihat kurang tidur. Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa foto orang-orang yang kurang tidur terlihat kurang menarik, kurang sehat, dan lebih mengantuk. Namun foto seseorang yang kurang tidur dianggap tidak berpengaruh pada rasa kepercayaan orang lain, apakah orang tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Orang-orang sering mengaitkan daya tarik dengan karakteristik positif, seperti seberapa baik orang tersebut bisa bergaul dengan orang lain. Jadi ketika mereka melihat orang lain dengan wajah yang tampak lelah, berkantung mata, lingkaran hitam, atau kelopak mata bengkak, orang ini akan dianggap kurang ramah sehingga mereka tidak akan bersemangat untuk bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang tersebut.

Orang yang kurang tidur sebenarnya menegaskan bahwa mereka kurang ramah dan optimistis, lebih buruk dalam memahami dan mengekspresikan emosi, dan kurang empati. Bagaimana menurutmu?



Simak Video "Kerennya Lampu Cantik Paduan Akrilik dan Limbah Kayu"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)