Kisah Tragis Atlet SEA Games dan Para Wanita yang Dituduh Tidak Perawan

Hestianingsih - wolipop Jumat, 29 Nov 2019 18:59 WIB
Ilustrator: Edi Wahyono Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta - Keperawanan masih menjadi hal yang dianggap 'sakral' dalam masyarakat, terutama di negara-negara timur. Perkara perawan atau tidak perawan kerap membuat wanita mendapatkan diskriminasi.

Tidak sedikit kasus wanita yang berakhir miris karena status keperawanan dipermasalahkan bahkan oleh suaminya sendiri. Ada yang sampai harga dirinya tercoreng bahkan sampai kehilangan nyawa.

Berikut ini kisah-kisah miris hingga tragis yang dialami wanita karena dianggap sudah tidak perawan.

1. Atlet Senam SEA Games Didiskualifikasi karena Sudah Tidak Perawan
Foto: Andhika Dwi Saputra

Kasus terbaru soal keperawanan terjadi pada Shalfa Avrila Siani, atlet senam untuk SEA Games 2019 Filipina yang kabarnya dipulangkan pelatih karena isu sudah tidak perawan. Orangtua remaja 17 tahun asal Kediri ini pun mengaku syok dan tidak terima dengan keputusan sang pelatih.

Ayu Kurniawati, ibu Shalfa, mengatakan pada 13 November 2019 mendapat telepon. Seseorang dari ujung telepon meminta agar Shalfa dijemput. Ayu pun bertanya mengapa Shalfa harus pulang.

"Bu, minta maaf, ini Shalfa harus pulang sekarang karena itu, Bu, dia sering keluar malam. Ini kelihatannya anaknya selaput daranya sudah sobek, seperti orang diperkosa," ujar Ayu menirukan ujaran sang pelatih kepada detikcom, Jumat (29/11/2019).

Pada 20 November 2019, Ayu memeriksakan Shalfa ke RS Bhayangkara Kediri untuk memeriksakan soal keperawanan. Dan hasilnya, Shalfa masih perawan. Lewat telepon, Ayu mengabarkan kepada pelatih bahwa tuduhan bahwa Shalfa tidak perawan tidak benar. Namun pihak pelatih tidak percaya. Ayu akhirnya memutuskan Shalfa keluar dari pusat pelatihan dan tinggal di tempat kos.

Belakangan KONI Jatim menjelaskan bahwa pemulangan Salfa bukan karena status tidak perawan. Namun hal utama yang membuat dia tidak bisa berkompetisi karena tidak disiplin dan sering keluar malam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]