7 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Manjur dan Bikin Pede Lagi

Niken Widya Yunita - wolipop Rabu, 09 Okt 2019 05:36 WIB
7 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Manjur dan Bikin Pede Lagi. Foto: iStock 7 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Manjur dan Bikin Pede Lagi. Foto: iStock

Jakarta - Bekas luka akan membuat kita menjadi tidak pede alias percaya diri. Bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang manjur dan bikin pede lagi.

Berikut ini cara untuk menghilangkan bekas luka yang manjur dan bikin pede lagi seperti dirangkum dari berbagai sumber:



1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menghilangkan bekas luka di wajah, salah satunya karena jerawat. Cara memakainya yakni panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa beberapa saat.

Pijatkan minyak ke dalam bekas luka selama sekitar 10 menit. Biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam. Ulangi dua hingga empat kali setiap hari.

2. Bubuk Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu cara menghilangkan bekas luka. Caranya campurkan air dengan baking soda hingga menjadi dua sendok makan. Basahi bekas luka dengan air kemudian oleskan larutan tadi ke bekas luka. Kemudian kompres hangat selama 15 menit dan bilas area. Ulangi setiap hari agar penyembuhan luka manjur.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya dapat menghilangkan bekas luka hitam di wajah. Cara yang manjur dan efektif yakni kupas kulit lidah buaya dan keluarkan gelnya yang berwarna putih jernih.

Oleskan gel secara langsung ke bekas luka dan gunakan gerakan melingkar. Setelah setengah jam, cuci gel dengan air dingin. Agar efektif, ulangi pemakaian dua kali setiap hari.

4. Madu

Terkadang koreng pada luka membuat kita ingin menggaruknya. Hal ini karena luka tersebut gatal. Nah, madu merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bekas luka di kaki akibat gatal. Sebelum tidur, tutupi bekas luka kamu dengan madu. Bungkus bekas luka yang tertutup madu dengan perban. Biarkan selama semalam.

Di pagi hari, lepaskan perban dan cuci kaki dengan air hangat. Lakukan hal ini setiap malam agar luka yang lama sembuh dapat segera teratasi.


Ilustrasi cara menghilangkan bekas luka yang manjur.Ilustrasi cara menghilangkan bekas luka yang manjur. Foto: ilustrasi/thinkstock


5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat mengatasi bekas luka. Caranya yakni campurkan 4 sendok makan air dengan 2 sendok makan cuka sari apel. Celupkan kapas ke dalam campuran cuka sari apel dan oleskan ke bekas luka, serta biarkan kering. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur dan bersihkan di pagi hari.

6. Lemon

Cara menghilangkan bekas luka dengan lemon yakni potong lemon segar. Lalu gosok lembut lemon pada bekas luka. Diamkan selama sekitar 10 menit. Lalu basuh area luka dengan air dingin. Lakukan cara itu setiap hari.

7. Kentang

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yaikni dengan kentang. Caranya iris kentang menjadi potongan-potongan sedang. Dengan gerakan memutar, gosok irisan kentang pada bekas luka kamu.

Setelah irisan kentang mulai mengering, buang dan terus gosok dengan irisan kentang lain. Lanjutkan menggosok dan mengganti selama sekitar 20 menit dan kemudian biarkan bekas luka mengering selama 10 menit. Bilas area tersebut dengan air dingin. Ulangi hal ini agar hasil maksimal.





Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)