Jumat, 11/03/2016 15:06 WIB

Liputan Khusus Bekas Jerawat

Lidah Buaya Hingga Kentang, 10 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Intan Kemala Sari - wolipop
Lidah Buaya Hingga Kentang, 10 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat Foto: Thinkstock
Jakarta - Laser, dermaroller, dan chemical peeling menjadi pilihan para wanita untuk menghilangkan bekas jerawat. Tetapi masih banyak wanita yang belum ingin mencoba perawat tersebut karena berbagai alasan, misalnya kulit wajahnya terlalu sensitif atau tidak ingin merasakan sakit.

Meski demikian, Anda tetap bisa menghilangkan bekas jerawat tersebut menggunakan bahan-bahan alami yang aman digunakan. Apa saja?

1. Lidah Buaya
Gel lidah buaya merupakan sumber vitamin yang dapat membantu mennyembuhkan kulit dan memudarkan bekas luka. Teksturnya sangat lembut juga bisa digunakan sebagai pelembab alami. Menggunakannya pun cukup mudah, belah daun lidah buaya dan kupas kulitnya untuk mendapatkan isinya. Kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

2. Baking Soda
Baking soda adalah bahan rumah tangga yang memiliki banyak kegunaan, termasuk membantu menyembuhkan bekas luka. Baking soda terbentuk dari kristal sodium bikarbonat yang bisa mengelupaskan kulit bila digunakan sebagai scrub wajah. Campurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air hingga berbentuk pasta kental kemudian oleskan pada bekas jerawat.

Setelah itu diamkan selama dua menit agar baking soda menyerap ke dalam wajah serta membantu mengecilkan pori-pori. Usai didiamkan, bilas dengan air hangat dan oleskan pelembab pada wajah.

3. Minyak Kelapa
Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembab alami yang berguna untuk menyembuhkan bekas jerawat. Tuang satu sendok teh minyak kelapa ke telapak tangan dan biarkan hingga mencair. Dengan ujung jari, oleskan minyak kelapa ke bekas jerawat dan biarkan meresap.

Anda tidak perlu membilasnya karena kandungan vitamin dan asam lemak esensial di dalam minyak ini akan terus bekerja memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Tetapi jika wajah terasa 'berat' atau tidak nyaman, diamkan selama 30 menit kemudian bilas wajah Anda dengan sabun cuci muka.

4. Ketimun
Selain berfungsi untuk melembabkan wajah, salah satu fungsi ketimun adalah untuk menyamarkan bekas jerawat karena mengandung vitamin A, C, dan magnesium di dalamnya. Pilih timun organik lalu iris tipis menjadi beberapa bagian kemudian letakkan di atas wajah yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Angkat ketimun dan bilas wajah dengan air dingin.

5. Madu
Madu bermanfaat sebagai pelembab alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Akan tetapi lebih baik menggunakan madu alami yang masih berada di dalam sarangnya. Cara penggunaannya sangat mudah, oleskan madu ke bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit. Anda juga bisa mencampurkan madu dengan kayu manis untuk mengecilkan pori-pori.

Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Kondangan
                                  
6. Lemon
Air perasan lemon bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, menyembuhkan luka, dan mengembalikan keremajaan kulit karena terdapat kandungan alami alpha-hydroxy acid (AHA) di dalamnya. Jika Anda memiliki kulit sensitif, perasan lemon bisa dicampurkan dengan air.

Cara penggunaannya adalah tepuk-tepuk bekas jerawat dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi oleh perasan lemon dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air dingin dan gunakan pelembab. Cara ini bisa dilakukan setiap tiga hari sekali. Lemon akan membuat kulit sensitif terhadap sinar radiasi UV. Untuk itu, saat melakukan perawatan ini hindari diri dari paparan sinar matahari langsung.

7. Kentang
Kandungan vitamin dan mineral pada kentang adalah sumber potensial untuk mendapatkan kulit yang sehat. Gunakan kentang organik yang diiris tipis dan letakkan di atas area bekas jerawat. Untuk hasil maksimal, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Cara ini bisa dilakukan rutin setiap hari.

8. Rosehip Oil
Rosehip oil adalah salah satu minyak esensial yang ampuh untuk mengembalikan kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi sinar matahari serta polusi udara yang membuat wajah kusam. Kandungan di dalamnya berupa asam lemak esensial serta kaya vitamin C, A, dan antioksidan.

Selain itu rosehip oil juga dipercaya untuk meratakan warna kulit dari kondisi hiperpigmentasi atau bintik-bintik hitam pada wajah akibat bekas jerawat. Oleskan rosehip oil tipis-tipis satu hingga dua kali setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

9. Scrub Gula
Bahan alami lain yang bisa dilakukan untuk memudarkan bekas jerawat adalah dengan membuat scrub gula. Gula mengandung asam glikolat yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Pilih gula tebu organik dan campurkan dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:2, kemudian tambahkan perasan air lemon dan aduk merata hingga berbentuk scrub. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Terapkan cara ini sekitar dua atau tiga hari sekali.

10. Vitamin E
Cara ini merupakan cara mudah untuk menggunakan vitamin E sebagai bahan alami menghilangkan bekas jerawat. Pilihlah vitamin E yang dikemas di dalam kapsul kemudian belah dua untuk mengeluarkan isinya. Oleskan pada wajah yang memiliki bekas jerawat atau campurkan vitamin E dengan pelembab Anda untuk mengempeskan jerawat serta memudarkan bekas-bekasnya lebih cepat. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177