Wow, Hasil Penelitian Sebut Kebiasaan Ngemil Ternyata Menular

Tia Reisha - wolipop Senin, 15 Apr 2019 14:33 WIB
Foto: Istock Foto: Istock

Jakarta - Kebanyakan orang menikmati camilan atau snack untuk menghilangkan rasa jenuh atau untuk menahan lapar. Namun di samping alasan tersebut, ternyata ada alasan lain yang juga bisa mempengaruhi seseorang untuk ngemil.

Dilansir dari earth, berdasarkan hasil studi terbaru, seseorang bisa ngemil di antara jam makan besar saat melihat orang lain ngemil. Ini menunjukkan bahwa kebiasaan ngemil ternyata bisa menular.


Peneliti dari University of Tasmania mencoba menentukan apa yang mempengaruhi seseorang ngemil. Sebelum percobaan, 61 peserta ditanya beberapa hal, seperti seberapa banyak mereka berpikir tentang manfaat makan sehat dan rencana memulai diet yang lebih sehat.

Mereka juga diminta untuk menilai seberapa sering mereka mengonsumsi lima kelompok makanan setiap harinya dan mengukur tingkat kemauan mereka untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Selama dua minggu berikutnya, para peserta menggunakan aplikasi untuk melacak setiap kali mereka makan dan melaporkan jenis makanan yang mereka konsumsi, baik itu makanan utama atau camilan.


Kemudian, mereka juga diminta untuk mencatat alasan apa saja yang sudah mempengaruhi mereka untuk ngemil, misalnya karena ada fast food, mudah mendapatkan camilan, atau karena melihat orang yang sedang ngemil. Para peserta juga diminta untuk mencatat alasan tersebut dalam aplikasi secara acak sepanjang hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para peserta jauh lebih terpengaruh ketika melihat orang lain makan daripada terpengaruh oleh kemauan mereka untuk makan. Contohnya, seorang peserta lebih sering melaporkan bahwa ada orang lain yang ngemil ketika mereka baru saja mencatat makanan yang mereka konsumsi.

Saat tertular kebiasaan yang satu ini, cobalah memilih camilan yang tidak hanya enak tapi juga sehat. Misalnya Fitbar, yakni snack sehat yang terbuat dari Oat, Quinoa dan Whole Wheat yang merupakan sumber serat. Fitbar juga bebas dari kolesterol, bebas dari lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah dibandingkan snack-snack lainnya.

Wow, Hasil Penelitian Sebut Kebiasaan Ngemil Ternyata Menular

(mul/ega)