3 Rahasia Antigagal Memantik Motivasi Hidup Sehat

Raras Prawitaningrum - wolipop Rabu, 20 Mar 2019 13:36 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Salah satu resolusi yang selalu diterapkan oleh banyak wanita tiap tahunnya adalah hidup sehat. Namun mengubah gaya hidup yang sebelumnya tak teratur menjadi lebih sehat tidaklah gampang. Banyak wanita yang gagal karena tak terbiasa dengan pola makan dan olahraga yang berat.

Ahli nutrisi, Alvin Hartanto, mengungkapkan kegagalan tersebut bisa disebabkan karena motivasi untuk hidup sehat tidaklah optimal. Berikut tiga rahasia memantik motivasi hidup sehat dari ahli nutrisi Alvin Hartanto.



Mantapkan Komitmen

Alvin mengatakan hal paling penting dalam memulai hidup sehat adalah komitmen. Walaupun terkesan sepele, lanjutnya, komitmen adalah kunci dari keberhasilan penerapan pola hidup sehat.

"Berbagai pakar mengatakan bahwa untuk adaptasi dalam memulai gaya hidup sehat berlangsung selama tiga sampai empat minggu. Sementara banyak studi yang mengungkapkan biasanya seseorang sudah mundur dahulu saat masuk minggu kedua. Makanya, harus mantapkan komitmen," kata Alvin di acara Media Gathering Bersama Beko Indonesia di Greenhouse Kuningan, Kamis (28/2/2019).

Ubah mindset

Dalam memulai hidup sehat, Alvin menganjurkan agar seseorang yang mencari informasi tentang pola hidup sehat dari berbagai sumber harus mengubah mindset-nya.

"Banyak artikel yang mengatakan seseorang turun sampai 10 kg per bulan. Nah ketika kita nggak turun badan sampai segitu, terus nggak puas, mundur. Padahal ahli gizi mengungkapkan seseorang bisa turun berat badan dalam sebulan itu 2 kg," jelasnya.


Jangan Sepelekan Dukungan Lingkungan

Lingkungan sekitar memainkan peranan penting untuk mendorong seseorang sukses menjalankan pola hidup sehat.

"Kalau kita sedang diet, bilang saja ke teman dan keluarga. Biar mereka dukung dan kita tidak pressure, tapi pastikan metodenya benar," paparnya.

Selain keluarga dan teman, lanjut Alvin, ketika ingin memulai hidup sehat juga harus memperhatikan peralatan rumah tangga yang mendukung kebutuhan sehari-hari. Pilih peralatan efisien dan memiliki fitur canggih untuk membuat aneka makanan dan minuman sehat.

Misalnya dengan small home appliances Beko, seperti Vacuum Blender Beko untuk membuat jus. Blender ini dilengkapi Vacuum Technology yang bisa menghasilkan lebih banyak kandungan vitamin dan nutrisi pada jus. (mul/mpr)