Rajin Mandi Tapi Kok Tetap Bau Badan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hestianingsih - wolipop Senin, 05 Nov 2018 16:10 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Sudah mandi dengan bersih dua kali sehari, tapi badan tetap berbau tak sedap? Bisa jadi penyebabnya bukan sekadar badan yang kotor atau keringat berlebih.

Badan bisa berbau tak sedap bisa dikarenakan faktor kesehatan. Jika dengan mandi saja tidak dapat menghilangkan bau badan, bisa jadi itu tanda kamu kekurangan magnesium.

"Mineral magnesium membantu menghilangkan bau pada organ internal dan juga membantu mengurangi bau badan," kata dokter ahli jantung Robert Segal, MD, seperti dikutip dari Reader's Digest.


Rajin Mandi Tapi Kok Tetap Bau Badan? Ini Penyebab dan Cara MengatasinyaPenyebab bau badan bisa dikarenakan kekurangan magnesium. Foto: iStock

Robert menjelaskan, ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula dan makanan olahan pabrik, kadar magnesium dalam tubuh bisa berkurang. Akibatnya, kamu jadi rentan bau badan. Memakai deodoran atau anti-perspiran saja tidak cukup, karena masalah bau badan seperti ini perlu juga diatasi dari dalam.

Jika bau badan disertai dengan gejala lain seperti kram otot, beberapa bagian tubuh terasa kebas atau sering kesemutan, maka kemungkinan besar kadar magnesium dalam tubuh rendah. Bagaimana menambah kadar magnesium dalam tubuh?

Perbanyak makan sayuran hijau jika ingin mencukupi asupan magnesium dalam tubuh. Makanan kaya magnesium perlu dikonsumsi setiap kali makan.
Rajin Mandi Tapi Kok Tetap Bau Badan? Ini Penyebab dan Cara MengatasinyaSayuran hijau kaya akan magnesium yang bisa membantu mengatasi bau badan. Foto: Getty Images

"Magnesium bisa ditemukan pada berbagai variasi makanan, tapi sumber terbaik berasal dari sayuran berdaun hijau, cokelat, kacang-kacangan dan biji-bijian," ujar nutritionist asal Australia, Fiona Tuck, seperti dikutip dari Huffington Post.

Fiona menyarankan agar kamu mengonsumsi sedikitnya dua sajian sayuran setiap kali makan, dan beberapa potong buah setiap hari. Selain sayuran hijau dan kacang-kacangan, magnesium juga bisa didapat dari ikan salmon, mackerel, nasi merah, oatmeal, dark chocolate dan tahu.
Rajin Mandi Tapi Kok Tetap Bau Badan? Ini Penyebab dan Cara MengatasinyaDark chocolate juga mengandung banyak magnesium yang bisa mengatasi bau badan. Foto: iStock

"Kurangi konsumsi gila, alkohol dan makanan olahan untuk membantu meningkatkan kadar magnesium," pungkas Fiona. (hst/eny)