ADVERTISEMENT

Konsumsi Makanan Ini untuk Cegah Ketombe Bertambah Parah

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 12 Okt 2016 11:00 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Timbulnya ketombe kerap mengganggu penampilan dan percaya diri. Masalah kulit yang paling banyak dialami pria itu pun terkadang sulit diatasi dengan sampo saja. Agar kulit kepala lebih sehat dan ketombe segera menghilang, coba perbaiki pula pola makan Anda di keseharian. Disarankan untuk mengonsumsi asupan sehat dan perbanyak wortel.

Wortel ternyata bukan hanya baik untuk mata. Sayur berwarna oranye tersebut juga bagus untuk kesehatan kulit kepala.

"Apa yang kita konsumsi akan mempengaruhi kulit kita. Makanan akan sangat membantu menghindari ketombe ya. Wortel baik untuk mata karena betakarotennya di-translate menjadi vitamin E yang bagus untuk kulit dan kulit kepala," ungkap Reina Wardhana, Founder 3 Skinny Minnies Healthy Catering di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Sebagai pemilik usaha katering, Reina pun berbagai cara mengolah wortel menjadi sesuatu yang enak dan tidak membosankan. Yakni dengan menjadikannya smoothies. Agar rasa wortel menjadi lebih manis, ia menyarankan untuk menambahkan buah nanas dan apel.

"Asamnya dari nanas dan manisnya dari apel. Rasionya 2:1:1. Wortelnya dua cup dan yang lain satu cup. Yang ingin ditonjolkan di sini memang wortelnya tapi tambahkan nanas dan apel untuk rasa. Selain di blender, bisa juga dikompres dengan juicer di rumah," tutur Reina.

Hal tersebut dibenarkan oleh Luisa Collins selaku Unilever Global R&D. Ia menambahkan jika wortel dan sayarun berwarna oranye juga baik untuk kulit kering. Selain wortel, Luisa pun mengungkap sejumlah sayuran dan buah lain yang juga baik dikonsumsi di keseharian untuk para penderita ketombe.

"Anggur dan tomat mengandung antioksidan yang memperbaiki molekul rusak dalam tubuh. Telur, bayam, dan kale juga baik untuk menghindari ketombe dan baik untuk penglihatan. Begitu juga dengan blueberry, kacang, pistachio," kata Luisa. (ami/ami)