ADVERTISEMENT

4 Brand Lokal Hadirkan Koleksi Eksklusif di Tokopedia Fashion Week 2022

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Senin, 12 Des 2022 18:15 WIB
Tokopedia Foto: Dok. Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia kembali menggelar Tokopedia Fashion Week 2022 yang akan berlangsung hingga 14 Desember mendatang. Dalam event ini, Tokopedia menghadirkan beragam produk fesyen, mulai dari fesyen wanita, fesyen muslim, modest wear hingga fesyen pria.

Kampanye ini juga menghadirkan koleksi eksklusif hasil kolaborasi ilustrator ternama Tanah Air Dinda Puspitasari bersama empat pegiat usaha lokal. Berawal dari kecintaan terhadap dunia desain, sejak kecil Dinda gemar menggambar sketsa baju hingga menjahitnya menjadi sebuah produk.

Ilustrator kenamaan Indonesia ini pun mulai memuat hasil ilustrasinya lewat blog pada 2008. Sejak saat itu, Dinda mulai aktif menekuni dunia ilustrator hingga menggarap beberapa buku bersama entrepreneur Tanah Air.

"Saya sangat bangga dan mengapresiasi Tokopedia yang sudah memberikan kesempatan untuk saya berkolaborasi dengan merek lokal, dalam hal ini Amazara, Kami., Clouwny dan Nandjani," ujar Dinda dalam keterangan tertulis, Senin (12/12/2022).

"Saya berharap koleksi eksklusif hasil kolaborasi dengan empat pegiat usaha lokal fesyen ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, dan menginspirasi para pegiat usaha lokal fesyen tanah air terus mengedepankan orisinalitas dan kreativitas dalam berkarya," tambahnya.

Penasaran koleksi eksklusif apa saja yang ditampilkan dalam Tokopedia Fashion Week 2022? Yuk simak.

Kolaborasi Illustrator & Brand Fashion Lokal di Tokopedia Fashion Week

1. Amazara

Amazara merupakan brand fashion lokal asal Yogyakarta yang memproduksi sepatu hingga tas perempuan. Berdiri sejak tahun 2015, Amazara memberdayakan perajin asal Sidoarjo, Surabaya, Bandung, Jakarta dan sejumlah kota lain dalam mengembangkan bisnisnya.

Pemilik Amazara, Uma Hapsari pun menyampaikan sekitar 90% tim Amazara adalah perempuan. Pada 2017, Amazara bergabung di Tokopedia dan kini berjualan eksklusif di Tokopedia. Pada Di Tokopedia Fashion Week 2022 kali ini, Amazara menghadirkan koleksi sandal dengan motif spesial.

TokopediaKoleksi eksklusif Amazara di Fashion Week 2022 Foto: Dok. Tokopedia

"Di Tokopedia Fashion Week 2022, Amazara mengangkat tema 'Looking Forward' yang menunjukkan optimisme kami di 2023. Lewat kesempatan berharga dari Tokopedia ini, Amazara meluncurkan 15 model platform sandals dengan special pattern Dinda Puspitasari, yang sudah bisa didapatkan secara eksklusif oleh masyarakat melalui Tokopedia," ungkapnya.

2. Kami.

Dalam event Tokopedia kali ini, Dinda juga menggandeng brand fashion asal Jakarta, yakni Kami. Didirikan oleh Istafiana Candarini, Afina Candarini, dan Nadya Karina pada 2011, Kami. menawarkan modest wear berwarna natural.

Usaha ini dimulai dengan meluncurkan scarf berbahan kaos yang meledak di komunitas hijab. Saat ini, Kami. telah dua pabrik di Bandung dan memberdayakan sekitar 50 karyawan yang sebagian besar perempuan. Menjadi mitra Tokopedia sejak 2018, Kami. menampilkan koleksi modest wear eksklusif dalam event spesial Tokopedia Fashion Week kali ini.

"Kolaborasi Kami. dan Dinda Puspitasari di Tokopedia Fashion Week 2022 menghasilkan koleksi modest wear seperti scarf, parka, dan kemeja bertajuk 'Eloma' yang menggambarkan keistimewaan setiap perempuan, diceritakan lewat motif bunga mimosa, mawar, carnation dan lili. Koleksi ini akan tersedia eksklusif di Tokopedia mulai hari 8 Desember 2022," jelas Istafiana.

3. Clouwny

Selain Kami., Clouwny menjadi brand fashion lokal asal Jakarta yang hadir di event Tokopedia Fashion Week 2022. Didirikan tahun 2015, brand ini menawarkan produk daily wear dengan harga terjangkau dan berkualitas tinggi.

Clouwny resmi bergabung dengan Tokopedia pada 2017 untuk memperluas jangkauan pasar. Saat ini, Clouwny memiliki sekitar 20 karyawan yang rata-rata merupakan anak muda dan baru lulus SMA.

Pada event Tokopedia Fashion Week 2022, Pemilik Clouwny Nita Christina mengungkapkan pihaknya menghadirkan dua tema spesial, yang mengombinasikan desain Indonesia dan Jepang.

"Pada Tokopedia Fashion Week 2022, Clouwny menghadirkan tema 'Japanese Colorfun' dan berjudul 'Hana Series; yang memadukan desain Jepang dan Indonesia berbahan eco-friendly. Koleksi terdiri dari atasan kimono dan rok lilit yang bisa dibeli hanya melalui Tokopedia mulai 9 Desember 2022," katanya.

4. Nadjani

Terakhir, ada brand fashion Nadjani asal Bandung. Didirikan sejak 2011 di Bandung, bisnis modest wear ini hampir 100% menggunakan material lokal. Saat ini, Nadjani memiliki sekitar 40 karyawan yang sebagian besar perempuan.

TokopediaKoleksi eksklusif Nadjani di Fashion Week 2022 Foto: Dok. Tokopedia

Penjahit produk Nadjani pun kebanyakan berasal dari Tasikmalaya. Dengan bergabung di Tokopedia sejak 2019, Nadjani berhasil memperluas jangkauan pasar hingga ke Papua. Kali ini, Nadhani pun berkesempatan memamerkan produk hasil kolaborasinya di Tokopedia Fashion Week 2022.

"Nadjani menghadirkan koleksi 'Plantasia' dengan berbagai motif bunga yang menggambarkan keindahan perempuan Indonesia yang berbeda-beda. Koleksi ini akan tersedia di Tokopedia Fashion Week 2022 mulai 10 Desember 2022, dengan produk best seller kami, yaitu tunik, dress, atasan dan sweater," jelas Pemilik Nadjani, Nadya Nizar.

Promo Menarik di Tokopedia Fashion Week 2022

Selain menghadirkan beragam koleksi eksklusif dari para brand fashion lokal, Tokopedia juga menawarkan beragam promo. Category Development Senior Lead Tokopedia Aldhy Darmayo, mengatakan melalui kampanye Tokopedia Fashion Week 2022, pengguna bisa mendapatkan berbagai pilihan produk fesyen dengan berbagai penawaran menarik, mulai dari flash sale serba Rp 12.000, cashback sampai Rp 200.000 dan diskon hingga 99%.

Ada juga peluncuran produk eksklusif kolaborasi dengan Disney dan sejumlah pegiat usaha di Tokopedia dengan diskon hingga 70%. Aldhy berharap hadirnya event ini dapat mendorong perkembangan industri fesyen di Indonesia.

"Fesyen menjadi salah satu kategori yang paling diburu masyarakat lewat Tokopedia sepanjang 2022. Lewat TFW 2022, Tokopedia berharap bisa terus mendukung pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal di bidang fesyen agar makin tumbuh dan berkembang melalui kanal digital," tutupnya.

(akn/ega)