ADVERTISEMENT

Buntut Iklan Kontroversial Tema BDSM, Balenciaga Gugat Tim Kreatif Rp 392 M

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 27 Nov 2022 08:00 WIB
MUNICH, GERMANY - MARCH 22: The exterior of a Balenciaga store photographed on March 22, 2022 in Munich, Germany. (Photo by Jeremy Moeller/Getty Images) Butik Balenciaga (Foto: Getty Images/Jeremy Moeller)
New York City -

Balenciaga sedang kebakaran jenggot setelah iklan kampanye koleksi terbarunya memicu kontroversi. Sesuai janjinya, Balenciaga pun mengambil jalur hukum untuk menggugat mereka yang terlibat dalam pemotretan tersebut.

New York Post melaporkan, rumah mode yang didirikan oleh desainer Spanyol Cristobal Balenciaga ini melayangkan gugatan terhadap rumah produksi North Six, Inc. dan desainer set pemotretan Nicholas Des Jardin, pada Jumat (25/11/2022).

Iklan Kontroversial BalenciagaIklan kontroversial Balenciaga (Foto: Dok. Balenciaga)

Tertulis dalam dokumen yang terdaftar di Pengadilan Tinggi Manhattan itu bahwa Balenciaga meminta ganti rugi sebesar US$ 25 juta atau sekitar Rp 392 miliar.

Iklan yang menjadi awal mula permasalahan menampilkan anak kecil berpose dengan boneka beruang dari koleksi Spring 2023 yang ditampilkan di Paris Fashion Week pada September lalu. Boneka tersebut tampak memakai aksesori bergaya BDSM (praktik seks dengan pendekatan sadisme).


Di foto lainnya, terlihat sebuah tumpukan kertas di iklan tersebut yang ternyata berisi potongan undang-undang pornografi anak yang disahkan oleh Mahkamah Agung AS.

People interact with large scale action figures wearing fashionable clothing against a huge green hoarding which covers the Balenciaga store during a refit in the upmarket area on Bond Street on 25th May 2021 in London, United Kingdom. These high end brands are seen next to each other on a very ordinary wall. Bond Street is one of the principal streets in the West End shopping district and is very upmarket. It has been a fashionable shopping street since the 18th century. The rich and wealthy shop here mostly for high end fashion and jewellery. (photo by Mike Kemp/In Pictures via Getty Images)Foto: Mike Kemp/In Pictures via Getty Images


Balenciaga mengklaim North Six dan Des Jardins menyertakan cuplikan dokumen legal tersebut tanpa sepengetahuan mereka. "Akibat kesalahan pihak tergugat, masyarakat dan media mengkaitkan Balenciaga secara buruk dengan subjek yang sangat mengganggu," demikian bunyi dokumen tersebut.

Sang fotografer, Gabriele Galimberti, tidak termasuk pihak yang digugat. Sebelumnya, ia memberikan pembelaan dalam keterangan tertulis bahwa dia hanya bertanggung jawab untuk memotret sesuai dengan arahan perwakilan Balenciaga.


"Sebagai seorang fotografer, saya hanya dan semata-mata diminta untuk menyalakan pemandangan yang diberikan, dan mengambil bidikan sesuai dengan gaya khas saya. Seperti biasa untuk pemotretan komersial, arah kampanye dan pilihan objek yang ditampilkan tidak ada di tangan fotografer," tulis pria berdarah Italia yang biasa memotret untuk National Geographic itu.

Saking kontroversinya iklan tersebut, selebriti dan model yang pernah berkolaborasi dengan Balenciaga sampai ikut mengkritik. Bella Hadid menghapus semua foto kampanye Balenciaga Spring 2023 yang dibintanginya di Instagram.

Sementara itu, Kim Kardashian disebut 'kecewa' dengan iklan tersebut. "Sebagai seorang ibu, dia tidak menoleransi segala bentuk eksploitasi anak," ujar seorang sumber terdetak.

Balenciaga, yang berada di bawah naungan grup Prancis Kering, sudah meminta maaf atas kontroversi tersebut. Seperti di pernyataan maaf tersebut, Belanciaga sudah menepati janjinya untuk membawa kasus ini ke meja hijau.



Simak Video "Kim Kardashian Kecam Kampanye Boneka 'BDSM' Anak Balenciaga"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)