Mengenal Gucci Challenge, Tantangan Viral di TikTok yang Diikuti Para Seleb

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 20 Mei 2022 19:30 WIB
Tasya Farasya Ikut Gucci Challenge Gaya Tasya Farasya ikut Gucci Challenge. (Foto: Instagram/@tasyafarasya)
Jakarta -

Satu lagi tantangan bertema fashion viral di TikTok. #GucciChallenge, demikian namanya, menjadi ajang para TikTokers memamerkan gaya ala Gucci terbaiknya. Lantas bagaimana tantangan ini bermula?

Sampai saat ini, tagar Gucci Challenge di TikTok telah mencapai 214 juta views saking viralnya. Awal mula dari tantangan ini dapat ditelusuri dari asal original audio yang TikTokers selalu pakai untuk Gucci Challenge.

Gucci ChallengeAkun @Forgotten_supermodel yang pertama kali membuat Gucci Challenge sebelum viral di TikTok. (Foto: TikTok/@Forgotten_supermodel)

Adalah akun @forgotten_supermodel yang pertama kali memakai audio tersebut. Konten Gucci Challenge buatannya sudah mendapat 4,5 juta likes dan 15.000 komentar.

Sesuai namanya, tantangan ini memperlihatkan pengguna TikTok unjuk kebolehan bersolek dengan gaya maksimalis ala Gucci. Estetika visual ini merupakan DNA desain rumah mode asal Italia tersebut sejak desainer Alessandro Michelle mengambil alih posisi direktur kreatif pada 2015.

Euforia Gucci Challenge pun tak dilewatkan oleh para pesohor Tanah Air, mulai dari level influencer hingga selebriti papan atas. Sebut saja Tasya Farasya, Irish Bella, Patricia Gouw dan Sarwendah.

[Gambas:Instagram]



Tak sedikit di antara mereka yang menggunakan produk asli dari Gucci. Namun, daya tarik dari Gucci Challenge justru datang dari keunikan gaya yang dikreasikan dari fashion item yang sederhana atau murah.

Sebenarnya sebelum Gucci Challenge, ada Gucci Model Challenge yang sempat viral secara global pada pertengahan 2020. Dilansir dari W Magazine, ide #GucciModelChallenge pertama kali datang dari Morgan Presley, seorang TikTokers Pennsylvania, Amerika Serikat.

Kala itu, Morgan hanya ingin meniru cara-cara berpakaian ala model Gucci. Kebetulan Gucci baru saja merilis kampanye koleksi Fall/Winter 2020 yang memperlihatkan para model difoto di rumah masing-masing mengingat saat itu wabah COVID-19 sedang merebak secara masif yang berujung pada kebijakan lockdown.

Koleksi Gucci x Adidas di Milan Fashion Week Fall 2022Fashion show kolaborasi Gucci dan Adidas di Milan Fashion Week Fall 2022 (Foto: Dok. Gucci)

Menurutnya, fashion item yang diperlukan terdiri dari baju turtleneck berwarna terang, kemeja, rompi, jaket berwarna cerah, beberapa celana vinyl, rok mini, headscarf, kacamata hitam, sepatu dengan hak, kaus kaki, dan lipstik berwarna merah.

Gayung bersambung, banyak TikTokers yang ikut membuat Gucci Model Challenge dengan versinya masing-masing. Begitu ramainya di TikTok, Gucci sampai ikut memberikan apresiasi. Tak sekadar mem-posting ulang konten dari para TikTokers, Gucci menggandeng beberapa pengguna yang memiliki gaya unik untuk dilibatkan dalam proyeknya.


Soal Gucci Challenge sendiri, Gucci belum memberikan tanggapan. Namun, bukan tidak mungkin merek high-end ini sedang mempersiapkan kejutan yang sama.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Dijual Fantastis, Payung Adidas Gucci Dikritik karena Tak Tahan Air"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)