ADVERTISEMENT

Brand RI Disebut Tampil di Off Schedule Paris Fashion Week, Ini Maksudnya

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 09 Mar 2022 12:17 WIB
PARIS, FRANCE - MARCH 08: (EDITORIAL USE ONLY - For Non-Editorial use please seek approval from Fashion House) A model walks the runway during the Miu Miu Womenswear Fall/Winter 2022-2023 show as part of Paris Fashion Week on March 08, 2022 in Paris, France. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images) Fashion show Miu Miu di Paris Fashion Week Fall 2022. (Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain)
Paris -

Perhelatan fashion desainer Indonesia di Paris yang sempat menimbulkan polemik baru-baru ini digelar oleh Fashion Division, bekerja sama dengan Gekrafs. Sang pendirinya akhirnya ikut angkat bicara soal kegaduhan tersebut.

Dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya, Wulan S. Haryono selaku founder dan CEO Fashion Division, mengklaim bahwa Paris Fashion Week terdiri dari 'On Schedule' dan 'Off Schedule'.

"On Schedule itu desainernya diseleksi oleh FHCM di Paris," tulis dia di akun @wulansharyono merujuk pada Fédération de la Haute Couture et de la Mode, badan khusus yang menangani industri fashion Prancis.

Ia juga menjelaskan desainer tersebut harus memenuhi berbagai persyaratan. Salah satunya, sudah pernah menggelar peragaan busana tiga kali di 'Paris Fashion Week' dan dapat mengadakan peragaan tunggal yang biayanya bisa mencapai Rp 5 miliar hingga Rp 30 miliar. Persyaratan tersebut kata Wulan tertera di situs FHCM.

Sementara itu, Paris Fashion Week 'Off-Schedule' disebut Wulan merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan oleh berbagai 'fashion show production', termasuk Fashion Division sendiri.

"Kita semua memiliki tujuan yang sama yaitu: Membantu brands / designers untuk juga mendapatkan awarness di PFW, dilihat dan diliput oleh fashion magazine, mendapatkan kolaborasi after the show, etc etc.," tulisnya.

Ia pun menyayangkan, upaya untuk mendukung desainer Indonesia tersebut tidak diapresiasi dengan layak. "Jadi sangat disayangkan kalau tidak di apresiasi kerja keras kami untuk ikut memajukan nama bangsa, hanya karna minimnya pengetahuan tentang on schedule and off schedule ini," katanya.

Di unggahan tersebut, Wulan sempat mengungkit peran FHCM di Paris Fashion Week. "FHCM ini bukan eo yang mengadakan PFW ya. Jadi PFW itu tidak sama sistemnya seperti JFW (Jakarta Fashion Week) yang satu lokasi semua brand ada di situ. No."

FHCM memang bukan event organizer, tapi pelaksanaan Paris Fashion Week tetap berada di bawah pengawasannya. Hal ini mengingat FHCM pemegang hak paten nama 'Paris Fashion Week'. Karena sudah dipatenkan, seperti tertera di situs FHCM, pihak yang bukan bagian dari badan tersebut tidak bisa asal memakai nama Paris Fashion Week. Wolipop telah menghubungi Wulan, tapi belum mendapatkan respons.



Simak Video "Penampilan Kylie Jenner dan Kepala Singa yang Mencuri Perhatian"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
Live Breaking News
×
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs
Pleidoi Hendra Kurniawan Cs Selengkapnya