Suka Olahraga Lari? Ini Panduan Lengkap Pilih Sepatu Terbaik

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Kamis, 10 Des 2020 22:46 WIB
Running shoes atau sepatu lari Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kamu suka olahraga lari? Kalau begitu, pastikan segala kelengkapannya sudah siap. Salah satu yang tidak boleh dilupakan, yakni sepatu lari. Selain jadi pelengkap fashion, sepatu memainkan peran penting dalam keamanan dan kenyamanan kamu selama berlari.

Pasalnya, menggunakan sepatu lari yang salah dapat menjadi penyebab kamu terjatuh dan cedera. Tentunya kamu tidak mau hal itu terjadi bukan? Oleh karenanya, yuk, simak panduan lengkap memilih sepatu terbaik seperti dikutip dari thefoothub berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Medan

Berlari di tempat berbeda, tentu memerlukan jenis sepatu yang berbeda juga. Jika kamu adalah seorang road runners, Kamu pasti menginginkan sepatu yang ringan dan fleksibel, serta memiliki bantalan atau cushion.

Lalu, untuk kamu yang memang seorang trail atau off-road runners, maka sepatu dengan kemampuan grip yang baik lebih disarankan. Pasalnya, grip akan sangat membantu kamu untuk melewati tanah yang tidak rata, berbatu, dan berlumpur.

2. Cari Tahu Cara Berlari

Cara berlari tiap orang tentu tidaklah sama. Setidaknya ada 3 cara berlari yang biasa dilakukan atau dikenal dengan istilah pronasi, yakni under pronation, neutral, dan over pronation. Under pronation adalah apabila kamu menggunakan bagian luar tumit untuk berlari.

Sementara neutral terjadi saat telapak kaki mendarat pada bagian luar tumit, lalu bergulir ke depan untuk meredam benturan dan mendukung berat badan. Ada pula over pronation yang memungkinkan kamu cenderung menggunakan bagian dalam tumit untuk berlari.

3. Sesuaikan Bentuk Kaki

Saat memilih sepatu lari yang tepat, kamu perlu menyesuaikan dengan bentuk kaki. Untuk itu penting bagi kamu mengetahui seperti apa bentuk kaki yang kamu miliki. Apakah flat feet, high-arched feet, atau neutral feet?

Flat-feet berarti kaki memiliki lengkungan kecil, sehingga nyaris terlihat rata dari ujung kaki hingga tumit. Sedangkan neutral feet atau normal arch berarti kaki memiliki kelengkungan yang normal pada bagian dalam telapak.

Kemudian ada juga high-arched feet yaitu kaki memiliki lengkungan yang cenderung lebih dalam yang membuat seolah tak ada penghubung antara tumit dengan bagian kaki depan.

4. Cari Sepatu yang Sesuai

Kini, setelah kamu mengetahui medan, cara berlari hingga bentuk kaki yang dimiliki, kamu siap mencari jenis sepatu lari yang paling sesuai. Untuk kamu para neutral runner, kamu dapat menggunakan nyaris semua jenis sepatu lari yang ada.

Sementara stability running shoes diperuntukkan untuk kamu dengan tipe lari overpronation karena dapat memperbaiki posisi lari mendekati netral.

Lalu, ada sepatu lari dengan cushion atau bantalan. Sepatu ini ideal untuk kamu dengan bentuk kaki high arches karena fleksibel dan nyaman digunakan.

Itulah tadi panduan yang bisa kamu ikuti. Sekarang, kamu tidak bingung lagi saat hendak membeli sepatu lari.

Nah, ragam pilihan sepatu lari kini tersedia di Planet Sports. Tidak perlu keluar rumah, karena kamu bisa membelinya lewat aplikasi Lazada di handphone. Apalagi, di bulan Desember ini sedang berlangsung Lazada 12.12 Garbolnas.

Ada diskon sampai dengan 50%, promo Buy 3 Extra 25% ditambah voucher 12%. Lengkap banget deh promonya! Yuk, segera kunjungi lazada sekarang dan miliki sepatu lari impian dengan harga terbaik!

Selain promo-promo menarik, jangan lupa saksikan Lazada 12.12 Garbolnas Grand Show, konser dari Lazada yang akan menghadirkan penampilan spektakuler salah satunya dari AgnezMo, dan BCL. Sambil menonton kamu punya kesempatan mendapatkan milyaran voucher yang dapat digunakan saat Lazada 12.12 Garbolnas berlangsung dan juga akan ada grand prize 1 buah unit mobil, Toyota Rush buat kamu yang beruntung. Catat tanggal dan waktunya, 11 Desember 2020, pukul 19.30 - 21.00 WIB, di aplikasi Lazada atau bisa juga disaksikan beberapa stasiun televisi swasta nasional.

(prf/ega)