Tips Berburu Barang Saat Musim Diskon dan Midnight Sale

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 09 Jun 2018 11:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Menjelang hari Lebaran, berbagai brand, e-commerce, dan pusat perbelanjaan menawarkan diskon besar-besaran. Belum lagi adanya midnight sale yang membuat para penggila belanja semakin termotivasi melakukan hobinya. Di musim diskon dan midnight sale seperti saat ini, delapan tips berikut pun penting untuk Anda ketahui:

Cari Informasi
Sebelum mendatangi pusat perbelanjaan atau brand yang mengadakan sale, perbanyaklah informasi. Intip di media sosial mal atau situs yang menyediakan informasi diskon mengenai brand serta barang-barang apa saja yang susut harga. Dengan begitu, Anda bisa memilih dengan tepat destinasi belanja.

Jangan Mudah Tergoda
Meskipun barang yang ingin Anda beli harganya sangat murah, jangan gegabah untuk langsung membelinya. Pikirkan dulu apakah benda tersebut benar-benar dipakai atau Anda hanya tergoda karena diskon semata. Hal ini penting dilakukan agar total pembelanjaan tak membengkak. Walau THR sudah turun, Anda tetap perlu berhemat agar uang tak terbuang sia-sia.

Pilih Barang dengan Teliti
Setelah itu, lihat kondisi barang yang ingin Anda beli. Tak jarang, busana yang didiskon hadir dengan kualitas yang tak sebaik seharusnya. Selain itu, barang diskon umumnya tidak bisa ditukar setelah dibeli. Karenanya, perhatikan pilih barang dengan teliti agar tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: Tips Dapatkan Barang Bagus Tapi Murah Saat Musim Diskon

Pakai Kartu Kredit
Disarankan agar menggunakan Anda memanfaatkan kartu kredit sehingga lebih praktis apalagi jika barang yang akan dibeli mahal atau banyak. Namun jangan biarkan fasilitas tersebut kondisi finansial Anda. Pemakaian kartu sering membuat orang lebih boros. Untuk itu, tetap perhatikan berapa uang yang sudah Anda habiskan agar tidak kebablasan.

Datang Lebih Awal
Tips aman lain saat ingin berburu barang diskon adalah untuk datang lebih awal. Hal ini penting dilakukan jika Anda mengantisapasi banyaknya pengunjung. Dengan datang seawal mungkin, Anda juga bisa mendapati barang yang lebih banyak dan variatif.

Pakai Baju Nyaman
Sebaiknya pakai baju yang simpel dan nyaman. Begitu juga dengan sepatu, tas, dan aksesori. Ketika pengunjung membludak dan Anda berebut barang, pakaian yang merepotkan tentu akan menyulitkan bahkan membuat orang terluka. Hindari pula tampilan mewah yang bisa membuat Anda jadi sasaran pencurian.

Baca Juga: 8 Tips Aman Berburu Barang di Gelaran Diskon Besar-besaran

Jaga Barang Bawaan dan Bon
Agar tetap aman saat berburu barang diskon, jagalah barang bawaan. Termasuk bon-bon yang kadang tercecer karena Anda sibuk dengan barang belanjaan. Dikatakan pakar, bon tersebut bisa Anda butuhkan jika ingin menukar barang atau terjadi salah hitung.

Jangan Ajak Anak
Sebaiknya jangan mengajak anak-anak kecil memang berniat berburu barang diskon di pusat perbelanjaan. Ditakutkan jika banyaknya pengunjung membahayakan mereka. Jika harus mengajak buah hati, pastikan jika gelaran tersebut tidak ramai hingga berdesakan. Anda juga bisa membawa seseorang untuk membantu menjaga anak.

(ami/ami)