Fenomena Uniqlo x Kaws, Sold Out dalam Sehari di Berbagai Belahan Dunia

Alissa Safiera - wolipop Senin, 10 Jun 2019 12:33 WIB
Foto: Dok. Uniqlo x Kaws Foto: Dok. Uniqlo x Kaws

Jakarta - Retailer asal Jepang Uniqlo kembali merilis koleksi kolaborasinya bersama seniman kontemporer, Brian Donnely atau lebih populer sebagai Kaws, pada 3 Juni 2019 lalu. Antuasisme penggemar Kaws begitu tinggi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Koleksi pun laris sekejap dalam 1 hari.

Koleksi Uniqlo x Kaws kali ini bertema 'UT KAWS: Summer', berisi 12 graphic T-shirt untuk orang dewasa dan 6 T-shirt anak kecil, juga 4 tote bag dengan ilustrasinya yang ikonik. Di Indonesia, harga koleksi Uniqlo x Kaws terbilang terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu untuk T-shirt.

Fenomena Uniqlo x Kaws, Sold Out dalam Sehari di Berbagai Belahan DuniaFoto: Dok. Uniqlo x Kaws

Di tanggal 3 Juni, animo pembeli Uniqlo x Kaws di Indonesia begitu tinggi. Sebelum pintu store terbuka, antrean bahkan sudah mengular panjang. Di gerai Uniqlo Senayan City misalnya, koleksi lenyap dalam 30 menit, seperti dilaporkan oleh Urban Sneakers Society. Di gerai Uniqlo lainnya juga tidak jauh berbeda, seluruh koleksi habis dalam satu hari.

Beberapa gerai Uniqlo di Indonesia melakukan restock pada hari Kamis (6/6/2019). Tapi lagi-lagi, koleksi habis diserbu pembeli.

[Gambas:Instagram]



Perjuangan untuk mendapat koleksi Uniqlo x Kaws juga menggila di China, Eropa, bahkan Amerika, tempat Kaws lahir sebagai seniman. Sebuah video yang awalnya diposting di Weibo dan kini viral menunjukkan para pembeli berebut koleksi Uniqlo x Kaws, bahkan sampai menelanjangi patung manekin.


Mungkin beberapa dari Anda masih bingung kenapa sebuah T-shirt bisa sampai digilai banyak orang. Namun bagi penganut Hypebeast, koleksi Kaws memiliki nilai yang lebih sentimentil.
Fenomena Uniqlo x Kaws, Sold Out dalam Sehari di Berbagai Belahan DuniaFoto: Dok. Uniqlo x Kaws

Brian Donnelly atau Kaws adalah seniman kontemporer dengan gaya mata 'XX' yang khas. Dia menjual karyanya dalam bentuk mainan dan patung dan biasa dijual sampai jutaan, bahkan puluhan juta Rupiah.

Tak heran ketika Kaws memutuskan berkolaborasi dengan retailer high-street Uniqlo dan menjual gambarnya dengan harga terjangkau, orang-orang pun menggila. Ditambah lagi, ini adalah koleksi terakhir Kaws untuk Uniqlo, setelah sebelumnya membuat koleksi kapsul di tahun 2016 dan 2018.

Saat ini, T-shirt Uniqlo x Kaws mulai banyak dijual lagi secara online. Harganya tentu saja naik berkali-kali lipat. Dari yang dibanderol Rp 100 ribuan di store, kini dijual sampai Rp 400 hingga Rp 500 ribuan.
(asf/asf)