Protes UU Anti-aborsi, Gucci Rilis Gaun Bergambar Uterus Wanita

Hestianingsih - wolipop Kamis, 30 Mei 2019 11:10 WIB
Koleksi Gucci Cruise 2020 berupa gaun gambar uterus untuk protes UU Anti-aborsi. Foto: Getty Images Koleksi Gucci Cruise 2020 berupa gaun gambar uterus untuk protes UU Anti-aborsi. Foto: Getty Images

Roma - Kontroversi undang-undang anti-aborsi masih memanas hingga saat ini. Beberapa negara bagian Amerika Serikat akan memberlakukan pelarangan aborsi, di antaranya Alabama, Kentucky hingga Georgia.

Rancangan Undang-undang ini menuai protes dari para aktivis dan politikus pro-pilihan (pro-choice), karena menilai tubuh wanita adalah sepenuhnya hak wanita itu sendiri. Isu aborsi pun mulai menyentuh dunia fashion.

Adalah Alessandro Michele, creative director Gucci, yang ikut mengecam undang-undang anti-aborsi tersebut. Alessandro menyuarakan pendapatnya lewat koleksi cruise Gucci 2020, yang ditampilkan di Musei Capitolini, Roma, Italia, Selasa (28/5/2019).


Protes UU Anti-aborsi, Gucci Rilis Gaun Bergambar Uterus WanitaKoleksi Gucci Cruise 2020 berupa gaun gambar uterus untuk protes UU Anti-aborsi. Foto: Getty Images

Koleksi cruise Gucci 2020 mengangkat isu aborsi secara implisit maupun eksplisit dalam rancangannya. Seorang model terlihat membawakan blazer biru bergaya '70-an dengan tulisan 'My Body My Choice'. Ada pula gaun maksi a la victorian berwarna putih dengan bordiran bergambar uterus.

"Tidak bisa dipercaya bahwa di dunia ini masih ada orang yang yakin kalau mereka bisa mengontrol tubuh wanita, pilihan wanita. Saya akan selalu mendukung kebebasan, selalu," ujar Alessandro, seperti dikutip dari Marie Claire.


Protes UU Anti-aborsi, Gucci Rilis Gaun Bergambar Uterus WanitaKoleksi Gucci Cruise 2020. Foto: Instagram/@gucci

Dia melanjutkan, "Satu-satunya dunia yang bisa saya bayangkan adalah dunia di mana setiap orang bisa jadi seperti yang mereka inginkan, tanpa pembatasan atau penghakiman."
(hst/hst)