Giliran Desainer Jean Paul Gauliter Katakan Tidak Pada Bulu Hewan

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 13 Nov 2018 18:04 WIB
Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images

Paris - Satu lagi desainer ternama yang mulai meninggalkan praktik penggunaan bulu hewan. Setelah Versace dan Coach, kali ini giliaran Jean Paul Gaultier.

Sang desainer mengumumkan hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV Prancis Canal+. Ia berhenti menggunakan bulu hewan "agar dapat berkreasi tanpa menyakiti, mengingat bagaimana hewan-hewan itu dibunuh sangatlah terkutuk."


Jean Paul Gaultier bersama Madonna di MET Gala 2018.Jean Paul Gaultier bersama Madonna di MET Gala 2018. (Foto: Getty Images)
Saat desainer asal Prancis ini menyajikan koleksi terbarunya di Paris Fashion Week Haute Couture Fall Winter 2018/2019 Juli lalu, masih terlihat beberapa busana yang terbuat dari material bulu. Salah satunya syal bulu bertuliskan namanya yang menemani penampilan model pria.

Keputusan Jean untuk berhenti memakai bulu hewan mengingatkan kembali pada aksi protes para aktivis penyayang hewan dari PETA di butik Jean di Paris,2003 silam, yang berujung pada tindakan vandalisme. Setelah berhasil masuk, mereka lalu mencorat-coret kaca butik dengan cat merah seperti darah. Aksi tersebut akhirnya dihentikan oleh polisi.




Mimi Beckhechi, direktur program internasional PETA, sangat menyambut baik keputusan Jean tersebut dan melihatnya sebagai pertanda dari perilaku konsumen yang semakin sadar akan kekejaman di balik daya tarik busana berbulu.

"Keputusan ini menandakan perubahan waktu dimana masyarkat sudah tidak mau lagi memakai sesuatu dari hewan yang disiksa, dikurung, disetrum secara kejam, lalu membiarkan mereka mati dengan perlahan dalam kesakitan," ujar Mimi seperti dikutip Bazaar.

Jean yang karyanya dicintai para selebriti dunia menambah daftar panjang deretan desainer dan label ternama yang berkomitmen untuk meninggalkan bulu. Mereka di antaranya Donatella Versace, Tom Ford, Michael Kors, Giorgio Armani, Gucci, Burberry, dan Coach.
(dtg/dtg)