8 Langkah Tampil Maksimal Saat Wawancara Kerja

- wolipop Rabu, 05 Jan 2011 15:08 WIB
Jakarta - Saat mendapat panggilan untuk wawancara kerja, tentunya penampilan merupakan hal yang penting karena inilah imej pertama Anda. Lantas bagaimana caranya untuk tampil maksimal saat interview?

Seperti dikutip dari ehow, ada delapan langkah yang perlu Anda ikuti demi mendapatkan tampilan terbaik saat wawancara kerja. Berikut delapan langkah tersebut:

1. Jika Anda tidak mengetahui busana apa yang biasanya dipakai oleh para karyawan di tempat Anda melamar, jangan takut untuk menelpon resepsionis calon kantor Anda tersebut. Hal ini membantu mengurangi risiko salah kostum.

2. Perhatikan lokasi kantor tempat Anda wawancara. Jika lokasi kantor tersebut berada dalam pertokoan atau rukan (rumah kantor) Anda bisa mengenakan busana yang sedikit santai seperti sweater dengan celana bahan. Tetapi bila kantor tersebut berada dalam gedung atau kawasan bisnis, sebaiknya kenakan stelan blazer yang konservatif.

3. Sebaiknya hindari sepatu dengan ujung terbuka seperti peep toe dan sandal. Mengenakan sepatu terbuka membuat penampilan Anda terlihat lebih santai dan tidak profesional.

4. Jangan pernah berpikir untuk mengenakan rok mini atau rok yang terlalu ketat.
Tampilan feminin namun formal bisa Anda nyatakan dengan mengenakan rok pensil
yang berpotongan sebetis. Pilih rok berbahan nylon agar memudahkan Anda
beraktifitas.

5. Sebelum dipakai, periksa kembali pakaian Anda, apakah terhindar dari lubang, noda dan lecek.

6. Untuk make-up, tidak ada yang lebih baik dari hiasan natural. Singkirkan hair spray dan aksesori Anda. Perhiasan di hidung atau gelang tumpuk ala gypsi malah memungkinkan Anda tidak mendapatkan pekerjaan impian. Lebih baik, kenakan scarf bermotif seru untuk pilihan aksesori yang tepat.

7. Periksa kembali rambut, kuku dan sinar sepatu Anda. Jangan sampai sisa-sisa pewarna kuku malah membuat imej Anda berantakan.

8. Taruh sejenak tas berpotongan santai seperti oversize bag, fringe dan drawstring di rumah. Kenakan tas elegan yang sederhana untuk memaksimalkan tampilan profesional Anda. (eya/eny)