Influencer Body Shaming Model Victoria's Secret, Ini Kata @indonesiabutuhfeminis

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 12 Jul 2021 23:09 WIB
Viral kritik soal bentuk tubuh model Victoria Secret. Akun Instagram @indonesiabutuhfeminis mengkritik influencer yang melakukan body shaming pada model Victoria's Secret.Foto: Dok. Instagram @indonesiabutuhfeminis
Jakarta -

Akun Instagram Indonesia Butuh Feminis dengan tegas mengkritik aksi influencer Michelle Halimdan Edbert Berlusconi yang melakukan body shaming pada model terbaru Victoria's Secret.

"Menjadi influencers belum tentu membuktikan kamu semua bisa cerdas dalam berpikir. Jangan lupa cek privilege dan edukasi diri.
Kasian mimin sama followersnya yang turut mengamini standar kecantikan dan stigma yg ada. @micellehalim@edbertberlusconi," demikian @indonesiabutuhfeminis menulis dalam unggahannya.

Dalam foto-foto yang diunggahnya ke Instagram, @indonesiabutuhfeminis menampilkan bagaimana Michelle Halim dan Edbert Berlusconi melakukan body shaming pada model Victoria's Secret terbaru. Sekadar informasi, sejak Juni 2021, CEO Victoria's Secret Martin Waters memutuskan untuk menggantikan para model Victoria's Secret yang kerap tampil dalam fashion show dan katalog dengan atlet, pemain film wanita dan aktivis yang memberikan inspirasi sebagai wajah baru.

@indonesiabutuhfeminis mengingatkan pada Michelle Halim untuk tidak mudah mengucapkan kata-kata yang menyinggung kepada orang lain. Pasalnya dalam unggahannya Michelle sempat menyebut model Victoria's Secret berpenampilan burik.

"Jempol mudah banget ya ngatain orang lain. Emang kamu yang paling sempurna rasanya," tulis @indonesiabutuhfeminis di unggahannya Senin (12/7/2021).

[Gambas:Instagram]



Konfirmasi Wolipop

Dikonfirmasi Wolipop, akun Instagram @indonesiabutuhfeminis mengungkapkan mendapat banyak dukungan terkait kritikan mereka pada Michelle Halim dan Edbert Berlusconi yang melakukan body shaming pada model terbaru Victoria's Secret. Hal itu karena yang mereka lakukan adalah mengkampanyekan body positivity.

"Kita mendapatkan banyak dukungan. Terlebih lagi kita sedang melaksanakan body positivity campaign untuk followers kita, kita ajak mereka untuk posting karya, foto ataupun video dalam rangka lawan stigma bersama," tulis @indonesiabutuhfeminis dalam wawancara dengan Wolipop, Senin (12/7/2021) malam.

Dalam wawancara tersebut, @indonesiabutuhfeminis juga mengungkapkan bagaimana agar masyarakat memahami pentingnya body positivity. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan seperti disampaikan @indonesiabutuhfeminis kepada Wolipop:

- Perlu untuk berefleksi pada diri sendiri dan bertanya "apakah aku hidup sesuai keinginanku? apakah caraku hidup terpengaruhi apa kata orang?" Agar kita tahu bahwa perkataan negatif orang-orang yang masih berpatokan pada standar kecantikan tertentu tidak perlu dikhawatiri, karena standar kecantikan hanyalah konstruksi sosial yang bisa berubah.

- Setiap orang berhak menentukan standarnya sendiri, tapi tak bisa menjelekkan standar orang lain, karena standar kecantikan setiap orang berbeda.

- Kampanye penerimaan tubuh juga bisa diartikan untuk melakukan atau tidak melakukan perubahan pada tubuh, untuk kebaikan diri sendiri tanpa merugikan orang lain.

Akun Instagram @indonesiabutuhfeminis sendiri berdiri sejak 19 Juni 2020. Sejak berdiri hingga sekarang, akun Instagram tersebut aktif mengkampanyekan isu-isu seputar feminisme dan hak asasi manusia, menyentil privilese manusia yang tak sadar dan tak empati, berkampanye untuk berkontribusi pada keadilan manusia.

Akun Instagram @indonesiabutuhfeminis juga dibuat untuk menyuarakan dengan lantang melawan patriarki dan dan mendukung hak asasi manusia untuk segala keberagaman identitas manusia. Akun media sosial tersebut juga didirikan sebagai bentuk perlawanan terhadap tiga budaya toxic yang mengekang manusia yaitu patriarki, konstruksi sosial, dan heteronormativitas.



Simak Video "Jadi Korban Body Shamming, Ini Respons Atlet Angkat Besi Nurul Akmal"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)