Viral Influencer Indonesia Dikritik, Sindir Model Victoria's Secret Terbaru

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 12 Jul 2021 18:00 WIB
Foto Model Victorias Secret Foto: Dok. Instagram @indonesiabutuhfeminis
Jakarta -

Brand fashion dan pakaian dalam Victoria's Secret (VS) identik dengan fashion show yang menampilkan para model dengan tubuh proporsional. Saat berjalan di catwalk, para model yang dikenal sebagai Victoria's Secret Angel's mengenakan pakaian dalam dengan hiasan sayap yang indah. Fashion show tahunan tersebut sudah diadakan sejak 1995.

Namun pada Mei 2019 Victoria's Secret secara resmi mengumumkan jika fashion show tahunan tersebut sudah tidak lagi ditayangkan di televisi. Dan sejak Juni 2021, CEO Victoria's Secret Martin Waters memutuskan untuk menggantikan para Victoria's Secret yang bertubuh proporsional dengan atlet, pemain film wanita dan aktivis sebagai wajah baru.

Victoria's Secret juga menghapus sebutan Victoria's Secret Angel dan menggantinya dengan nama VS Collective. Brand lingerie asal Amerika Serikat itu mendapuk tujuh wanita inspiratif sebagai spokesperson sekaligus brand ambassador. Mereka datang dari berbagai latar belakang seperti atlet, aktris, model plus-size hingga aktivis. Sebut saja Priyanka Chopra, Adut Akech dan Megan Rapinoe.

Perubahan tersebut langsung memicu pro dan kontra. Seperti selebriti Instagram (selebgram) dan pebisnis asal Indonesia Michelle Halim. Lewat akun Instagramnya @micellehalim, mengkritik perubahan model Victoria's Secret tersebut.

"I miss VS angels!!! Kenapa jadi gini sekarang. From this.. To this. Kenapa zaman sekarang semuanya makin buriq?" tulis akun Instagram @micellehalim.

Selain Michelle, selebgram Edbert Berlusconi juga menanggapi perubahan model Victoria's Secret. Dia juga merasa tidak cocok dengan penampilan duta terbaru Victoria's Secret yang tidak lagi bertubuh langsing seperti para Victoria's Secret Angel's.

"Dan soal beauty standard kenapa emang kalau punya beauty standard sendiri? Kenapa nggak sah punya dan share? Menurutku dia cantik menurutmu dia jelek kan normal aja, pasti hal begini sering terjadi. Kalau dengan baca standard yang aku suka dan kamu depresi, ya something wrong with you. You do you, hak ada yang force you. Kalau buat kamu there is no beuaty standard BEBAS, buat aku ada," tutur @edbertberlusconi.

[Gambas:Instagram]


Kritikan dari dua influencer Indonesia pada model Victoria's Secret terbaru ini pun viral. Dua influencer tersebut dianggap tidak mendukung kampanye body positivty atau imej positif pada tubuh.

Aksi sindir Michelle Halim dan Edbert Berlusconi ini menarik perhatian akun Instagram @indonesiabutuhfeminis. Akun Instagram tersebut selama ini melakukan perlawanan terhadap segala jenis bentuk penindasan, suka menyentil manusia berprivilese yang tidak sadar dan tidak empati.

"Menjadi influencers belum tentu membuktikan kamu semua bisa cerdas dalam berpikir. Jangan lupa cek privilege dan edukasi diri. Kasian mimin sama followersnya yang turut mengamini standar kecantikan dan stigma yg ada. @micellehalim @edbertberlusconi," tulis akun @indonesiabutuhfeminis.

Sontak perdebatan tersebut langsung viral di media sosial. Hingga Senin (12/7/2021) postingan di akun Instagram @indonesiabutuhfeminis sudah mendapatkan 143.137 Likes dan 1.012 komentar. Warganet hingga selebgram lainnya pun ikut menanggapi postingan tersebut.

"Oh my...the privilege on this one...🤦🏽♀️😅 For anyone reading this...YOU ARE ENOUGH!!!💜💜💜💜," saut @hannahalrashid.

"So sad," tulis @ernestprakasa.

"Yaampun tinggal di goa mana bu Micelle? Benchmark cantiknya masih disitu aja, sad," ujar akun @debisagita.

"Abis baca storynya doi, supaya bisa lihat pandangan dari dua sisi.. Punya pemikiran sendiri tuh gak salah si, tapi manusia warasnya itu punya etika n toleransi.. sangat disayangkan untuk seorang 'menteri'... 😁," tutur akun @wulanwu.

"Ketikannya jahat banget sih. Kasian followersnya yang dikasih mindset kayak gitu," timpal akun @khairunnisazhr797.

Wolipop sudah mengonfirmasi pada akun Instagram @indonesiabutuhfeminis tentang kritikan pada dua influencer Indonesia tersebut. Admin @indonesiabutuhfeminis mengungkapkan mereka memang mengkritik aksi dua influencer yang dianggap melupakan privillege mereka terkait standar kecantikan.

Viral kritik soal bentuk tubuh model Victoria Secret.Viral kritik soal bentuk tubuh model Victoria Secret. Foto: Dok. Instagram @indonesiabutuhfeminis
(gaf/eny)