Kata Selebgram Michelle Halim yang Viral Kritik Tubuh Model Victoria's Secret

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 12 Jul 2021 19:30 WIB
Foto selebgram Michelle Halim. Foto: Dok. Instagram @michellehalim
Jakarta -

Selebgram Michelle Halim menjadi perbincangan warganet usai mengkritik pergantian model Victoria's Secret. Ia merasa kecewa dengan model terbaru brand pakaian dalam wanita tersebut.

Sejak Juni 2021, CEO Victoria's Secret Martin Waters memutuskan untuk menggantikan para model seksi dengan atlet, pemain film wanita dan aktivis yang memberikan inspirasi sebagai wajah baru. Para model terbaru itu adalah para wanita yang memiliki kecantikan beragam seperti kulit yang kecokelatan hingga berbadan curvy. Victoria's Secret juga menghapus sebutan Victoria's Secret Angel dan menggantinya menjadi VS Collective.

Pergantian model Victoria's Secret dan tidak adanya Victoria's Secret Angels inilah yang dikomentari Michelle Halim. Dia merasa seharusnya para model Victoria's Secret yang bertubuh proporsional tetap ada.

"VS Show sudah gak ada lagi sekarag, tdk bakal gak ada seterusnya atau engga. Well VS Angels dikomplen because beauty standard yang disetting terlalu tinggi. I don't get it, can you just shut up and enjoy the f*** show?" tulis akun Instagram @micellehalim.

"I feel butterflies setiap kali nonton VS Show, kagum sampai bisu bukan malah ngambek insecure just because i don't look like them. Some people berharap ada plus size VS Angels, jujur aja kalau aku CEOnya mending bubarin show. Daripada merubah image dan standars VS Angels," lanjut @micellehalim.

Selain itu melalui Instagram Story, Michelle juga menyoroti tentang perubahan imej baru model Victoria's Secret. Komentarnya ini yang kemudian dianggap sebagai body shaming pada wanita khususnya model Victoria's Secret yang dikomentarinya.

Michelle pun dikritik pengguna media sosial lainnya. Salah satunya adalahakun Instagram @indonesiabutuhfeminis. Akun Instagram tersebut selama ini melakukan perlawanan terhadap segala jenis bentuk penindasan, suka menyentil manusia berprivilese yang tidak sadar dan tidak empati.

"Menjadi influencers belum tentu membuktikan kamu semua bisa cerdas dalam berpikir. Jangan lupa cek privilege dan edukasi diri. Kasian mimin sama followersnya yang turut mengamini standar kecantikan dan stigma yg ada. @micellehalim @edbertberlusconi," tulis akun @indonesiabutuhfeminis.

Viral kritik soal bentuk tubuh model Victoria Secret.Viral kritik soal bentuk tubuh model Victoria Secret. Foto: Dok. Instagram @indonesiabutuhfeminis

Wolipop sudah menghubungi Michelle Halim yang kini viral karena dianggap melakukan body shaming pada model terbaru Victoria's Secret. Mengenai tuduhan terhadapnya itu, Michelle merasa jika opininya tidak ditulis lengkap oleh banyak oknum.

"Pemalsuan opini, opiniku tentang film seri dan fashion show yang dicomot tidak lengkap, hanya sepenggal sepenggal. Direpost oleh banyak oknum yang bahkan tidak dikenal, digiring, diperluas, disambungkan dan diartikan sendiri. Yang sangat simpang dan sangat berbeda dari opiniku yang sesungguhnya," kata Michelle kepada Wolipop, Senin (12/7/2021).

Ketika ulasannya menjadi perbincangan warganet, dia merasa bingung dan terkejut bisa menjadi viral. Wanita yang mengklaim sebagai 'Menteri Kecantikan' itu pun menuturkan alasannya mengunggah postingan tersebut.

"No specific reason, selain Victoria's Secret aku juga post Gossip Girl. Hanya share my own preference bahwa aku suka the old version. Menurutku versi yang lama lebih bagus dan aku tidak suka yang baru. Menurutku jelek karena jadi hilang identitas asli show dan film yang aku sangat-sangat gemari sejak remaja," jelas Michelle.

Kini postingannya diunggah ulang oleh beberapa akun Instagram yang mengkritik aksinya berkomentar pedas soal model Victoria's Secret, Michelle memilih tidak menanggapinya. "No reaction, buat apa menanggapi akun yang hanya ambil konten aku sepenggal-sepenggal dan membuat asumsi sendiri? Kita harus pandai dalam memilah tanggapan," ujarnya.

Ia menambahkan beberapa akun Instagram yang sudah menyebarluaskan postingannya agar mengunggah kontennya secara lengkap.

"Semoga ke depannya, kalau mau repost konten seseorang. Harap full version, tidak sepenggal dan tidak dibumbui sendiri. Jangan setelah dibumbui sendiri lalu dibuat seakan itu opini aslinya," tuturnya geram.

Foto selebgram Michelle Halim.Foto selebgram Michelle Halim. Foto: Dok. Instagram @michellehalim

Mengenai body positivity, selebgram dengan pengikut lebih dari 74 ribu itu memiliki definisinya sendiri. "You do you, set your own standard. Tapi inget body positivity jangan ditelen mentah, pisahkan antara beauty and health. Kalau fit, yang untung juga kamu sendiri. Kalau ga fit, yang rugi juga kamu sendiri," ucap Michelle.

"Your body, your life and your choice. Semua ada pendapat dan selera masing-masing, tidak ada benar atau salah, agree to disagree," sambungnya lagi.

Michelle sendiri mempunyai lima brand yang di antaranya terkait kecantikan di antaranya bulu mata, kosmetik, fashion, body shaper, dan makanan. Ia mengaku merintis sendiri dari nol semua bisnisnya tersebut.

"Banyak yang cap aku lahir anak orang berada punya privilege yang istimewa. Padahal privilege yang aku punya sekarang itu murni USAHA meskipun betul orangtua aku berada. Aku tidak pernah pakai uang orangtua sepeserpun untuk bangun bisnis aku, ya memang orang suka lihat hasil akhir nggak peduli prosesnya," imbuhnya.

Akun Instagramnya yang tengah menjadi sorotan warganet, dia memilih tidak mau ambil pusing. "Banyak yang komentar negatif itu diabaikan bukan ditanggapi, lagi-lagi kan kita harus pintar dalam memilah tanggapan," ujar Michelle.

Foto selebgram Michelle Halim.Foto selebgram Michelle Halim dan Edbert. Foto: Dok. Instagram @michellehalim

Julukan Menteri Kecantikan

Michelle menulis pada bio Instagram miliknya bahwa dia adalah 'Menteri Kecantikan'. Michelle menjelaskan Menteri Kecantikan adalah julukan yang diberikan pengikutnya di media sosial karena dia kerap membagikan informasi tentang kecantikan.

"Selain kerja merintis kelima brand tersebut, aku juga sering dibilang influencer. Well karena aku suka sharing, terutama tentang kecantikan, beauty transformation, karena aku nggak asli bentuknya seperti ini, lagi-lagi penuh dengan usaha. Kayaknya ganti status aja deh abis ini. Menteri anti menyerah atau Menteri anti pasrah," terangnya.

Ia mengungkapkan setiap hari mendapat banyak pertanyaan dari pengikutnya lewat dirrect message (dm) tentang rahasia kecantikannya.

"Bahkan kadang bisa ratusan, orang nanya tentang kecantikan ke aku. Mulai harus diapain, enaknya diapain, harus pakai apa, enaknya pakai apa, ke dokter siapa, dan ke klinik mana. Sudah seperti konsultasi online," tawanya.

Di akhir wawancara, Michelle berharap netizen tidak memaksakan sesuatu standar yang dimilikinya ke orang lain.

"Satu lagi pesan, kalau kita memaksakan standard dan opini kita ke orang lain. Dan membully pribadinya karena tidak sependapat dengan kita, ini salah," pungkas Michelle.

Foto selebgram Michelle Halim.Foto selebgram Michelle Halim. Foto: Dok. Instagram @michellehalim
(gaf/eny)