ADVERTISEMENT

Kisah Miris Bocah yang Dulu Viral Mirip Jack Ma, Kini Mengemis di Jalanan

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 25 Jan 2023 10:08 WIB
Jack Ma kecil Foto: Sohu
Jakarta -

Seorang remaja bernama Fan Xiaoqin pernah viral pada 2015 karena kemiripannya dengan founder Alibaba, Jack Ma. Sempat banyak 'job', perlahan popularitas Fan meredup dan memaksanya untuk kembali ke kampung. Lama tak terdengar kabar, ternyata hidup Fan berakhir miris. Baru-baru ini, ia terlihat di jalanan sedang mengemis.

Penampilan terbaru remaja 15 tahun yang pernah dijuluki 'Jack Ma' kecil jadi viral di Weibo. Bikin kasihan, dalam video, ia terlihat sedang memberhentikan mobil dan disebut sedang meminta-minta di wilayah Yongfeng, Provinsi Jiangxi. "Lihat Jack Ma kecil sedang meminta uang dariku di jalan," kata seorang pria.

Dilansir The Paper, pegawai pemerintahan mengatakan bahwa Fan dibawa oleh keluarganya untuk mengemis. Remaja yang mengidap keterbelakangan intelektual itu disebut tidak sadar dengan apa yang sedang dilakukan. Padahal keluarganya diketahui tidak mengalami kesulitan secara finansial karena mereka menerima gaji senilai 2.400 yuan atau Rp 5,2 juta setiap bulan.

Little Jack Ma, Fan XiaoqinLittle Jack Ma, Fan Xiaoqin Foto: Weibo

Tak lama setelah viral, sepupu 'Jack Ma kecil', Huang Xinlong, mengunggah permintaan maaf dan menjelaskan di Douyin bahwa saudaranya dikerjai oleh anak-anak ketika ia sedang bekerja ke luar kota dan tidak bisa menjaganya. Ayah Fan sendiri diketahui memiliki satu kaki setelah diamputasi karena digigit ular sedangkan ibunya punya masalah mata dan keterbelakangan sehingga tidak bisa merawatnya dengan baik.

Fan Xiaofin jadi terkenal setelah fotonya diunggah Huang yang bahkan dikomentari Jack Ma. Pengusaha itu bahkan mengakui ia seperti melihat potretnya sendiri. Tak lama kemudian, Fan jadi terkenal di kampungnya dan banyak orang dari daerah lain datang untuk berkunjung dan meminta foto bersama.

Little Jack Ma, Fan XiaoqinLittle Jack Ma, Fan Xiaoqin Foto: Weibo

Pada 2017, ia 'diambil' oleh pebisnis Liu Changjiang dan dijadikan selebgram. Liu sempat menawarkan apartemen mewah dengan seorang pengasuh untuk merawatnya juga uang 10 ribu yuan (Rp 22 juta) untuk keluarga. Sampai 2020, Fan masih eksis di media sosial. Selain itu, ia juga disekolahkan tapi dilaporkan tidak terlalu mengikuti pelajaran bahkan jarang ikut ujian.

Setelah itu, Fan dikirim kembali ke kampungnya setelah Liu memutuskan kontrak kerja dengan keluarga dan menghapus semua media sosial pada 2021. Setahun kemudian Fan terlihat lagi di Douyin bersama sepupunya. Tampaknya popularitas Fan Xiaoqin tidak lagi seperti dulu hingga ia harus meminta uang di jalanan.

(ami/ami)