ADVERTISEMENT

Apa Arti Unhinged? Bahasa Gaul yang Viral Dipakai Gen Z di TikTok

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 17 Jan 2023 19:00 WIB
Drama Korea Start Up Ilustrasi viral kata unhinged, ini artinya. Foto: dok. tvN
Jakarta -

Belakangan kata unhinged banyak digunakan para gen Z di media sosial, khususnya TikTok dan Twitter. Namun apa sebenarnya arti dari kata unhinged?

Kata unhinged digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang mengganggu dan berada di luar nalar. Istilah itu digunakan berbagai kalangan mulai dari penggemar KPop, anime, hingga gamer yang aktif di media sosial.

Unhinged bahkan digunakan sebagai judul film Hollywood yang tayang pada 2020. Film bergenre thriller tersebut menceritakan kisah seorang wanita yang diteror orang asing yang tampak sakit jiwa, menyusul sebuah insiden di jalanan.

Lantas apa arti kata unhinged yang viral di TikTok dan Twitter?

Drama Korea Start UpSuzy dalam drama Korea Start Up Foto: dok. tvN

Menurut kamus Merriam-Webster, unhinged adalah sebuah kata sifat yang berarti sangat terganggu (highly disturbed), tidak stabil (unstable), dan distraught (putus asa).

Namun kata unhinged tak banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari saat berbincang oleh netizen Indonesia. Adapun sejumlah sinonim dari kata unhinged yang familiar bagi netizen Indonesia seperti insane, psycho, maniac, lunatic, cracked, nuts, psychotic dan crazy.

Di media sosial dapat ditemukan sejumlah contoh penggunaan kata unhinged dalam cuitan. Seperti cuitan pemilik akun Twitter @DynamoSuperX yang mengunggah video Velma, karakter kartun Scooby Doo pada Senin (16/1/2023).

"this velma was just unhinged, (Velma di sini sangat unhinged)," tulisnya sebagai keterangan video untuk menggambarkan Velma yang menunjukkan sikap berbeda. Dia bersikap ketus dan blak-blakan saat berbicara, tak seperti biasanya.

Ada pula cuitan pemilik akun Twitter @VinQuilop yang menggunakan kata unhinged di hari yang sama. Dia mengunggah editan dari video klip Red Flavor yang dinyanyikan grup KPop Red Velvet. Namun video yang diramaikan dengan animasi buah-buahan itu diedit menjadi iklan produk minuman sachet rasa buah-buahan asal Fillipina.

"still thinking abt this unhinged edit ddhskfjdhjs 😭😭😭 (Masih memikirkan editan unhinged ini 😭😭😭)" tulis pemilik akun Twitter @VinQuilop.



Simak Video "Keren! Aksi Robot Animatronik Yayoi Kusama Lagi Melukis"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)