ADVERTISEMENT

Profil Junar Asunyi, Kreator Konten yang Sering Bagi Tips Cepat Dapat Kerja

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 07 Des 2022 08:32 WIB
Junar Asunyi Foto: Dok. Junar Asunyi
Jakarta -

Bagi banyak fresh graduate, mencari pekerjaan mungkin terasa lebih sulit di tengah ketatnya persaingan dan kondisi ekonomi dunia. Meski begitu, para pemula bisa dengan mudah mencari informasi mengenai lowongan kerja dan tips-tips seputarnya. Salah satu konten kreator yang dikenal sering membagikan cara fresh graduate cepat dapat kerja adalah Junar Asunyi.

Junar Asunyi adalah konten kreator yang sering membagikan konten seputar karier di Instagram, TikTok, dan berbagai kelas online. Di keseharian, pria tersebut bekerja full time di sebuah start up dan membuat konten di sela waktu luang. Berawal karena pandemi, Junar kini punya lebih dari banyak follower yang menantikan tips dan trik darinya.

"Ketika WFH, setelah selesai kerja, biasanya masih ada waktu akhirnya coba-coba bikin konten. Awalnya sepi, nggak ada yang nonton tapi lama-lama ada satu konten yang booming dan mengubah hidup saya. Konten itu membahas mengenai nego gaji. Dari situ saya memutuskan sambilan jadi content creator. Kenapa saya ambil tentang HR? Karena saya melihat situasi pandemi yang mempersulit fresh graduate mencari kerja," katanya kepada Wolipop.

[Gambas:Instagram]



Junar memang lebih fokus pada konten karier untuk para pemula di industri kerja. Lulusan jurusan Psikologi dari Pelita Harapan itu sering membagi tips praktis seperti, membuat CV, lolos wawancara, cara beradaptasi di lingkungan kerja, cara mendapatkan informasi kerja, hingga self development karier.

Kreator 27 tahun tersebut mengatakan bahwa kebanyakan orang yang meminta saran karier padanya adalah fresh graduate dan mahasiswa tapi tak sedikit profesional yang mau berpindah karier. Selain di Instagram, Junar Asunyi sering membagikan ilmu dan kemampuannya di kelas online, termasuk Kulwap Wolipop #VersiTerbaikmu "Merencanakan Karier Gemilang" baru-baru ini.

Ia pun mengaku senang dengan pekerjaan sambilannya ini karena punya makna tersendiri. "Lebih ada meaning untuk membuat konten karena ingin membantu teman-teman fresh graduate supaya bisa dapat kerja atau paling tidak tahu kariernya mau kemana, bisa pengaruh positif kepada orang-orang yang membutuhkan skill kita, dukanya sebaik apapun content creator biasanya ada saja orang yang tidak suka," katanya.

[Gambas:Instagram]



Sebagai kreator konten HR, Junar pun membagi opininya mengenai permasalahan karier anak muda. Menurut pria yang berdomisili di Jakarta Barat itu, banyak generasi Z masih merasa harus 'disuapi'.

"Anak muda cenderung merasa segala sesuatu harus disuapin informasi karena sudah terbiasa dari sekolah. Kalau nggak ngerti mau dapat jawabannya yang instan. Itu tidak baik karena itu berbeda dengan dunia kerja di mana kita harus cari tahu atau usaha sendiri terlebih dahulu baru kalau sudah mentok bertanya, fresh graduate belum terbiasa hal itu,"

Junar Asunyi pun memberi sarannya pada gen Z agar jangan mudah tersinggung. "Jangan baper atau merasa tersinggung. Harus tahu timing juga kalau mau bertanya kepada senior," kata Junar.

(ami/ami)