ADVERTISEMENT

Camilla Perdana Pakai Tiara Safir Ratu Elizabeth di Acara Jamuan Negara

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 23 Nov 2022 10:15 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 22: Camilla, Queen Consort and King Charles III during the State Banquet at Buckingham Palace on November 22, 2022 in London, England. This is the first state visit hosted by the UK with King Charles III as monarch, and the first state visit here by a South African leader since 2010. (Photo by Chris Jackson/Getty Images) Foto: Getty Images/Chris Jackson
Jakarta -

Permaisuri Camilla tampak mengenakan tiara pertamanya dalam peran barunya di kerajaan. Camilla mengenakan Tiara Safir Belgia saat jamuan kenegaraan di Istana Buckingham pada 22 November 2022. Momen tersebut menjadi momen pertama bagi Camilla memakai tiara sejak Raja Charles III naik tahta.

Dilansir dari People, tiara tersebut dikenakan Camilla untuk kunjungan kenegaraan pertama Charles sebagai Raja, menyambut Cyril Ramaphosa, Presiden Afrika Selatan, ke Inggris. Sebelumnya tiara tersebut dimiliki oleh mendiang Ratu Elizabeth II. Tiara tersebut sempat terlihat dikenakan oleh mendiang Ratu Elizabeth II pada tahun 1989 saat ke Singapura dan tahun 2015 saat kunjungan kenegaraan China ke Inggris.

Dalam foto yang beredar terlihat permaisuri Camilla memadukan tiara yang dikenakannya dengan dress berwarna biru rancangan Bruce Oldfield dan regalia kerajaan, selempang Orde Garter biru ditambah bintang dan selempang Dame Grand Cross of the Royal Victorian Order. Untuk mempercantik penampilannya, Camilla juga mengenakan kalung dan gelang yang serasi dari Tiara Safir Belgia. Namun Camilla tampak tak mengenakan anting-anting yang termasuk dalam rangkaian perhiasan tersebut.

LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 22: Camilla, Queen Consort attends the State Banquet in honour of President of South Africa, Cyril Ramaphosa at Buckingham Palace on November 22, 2022 in London, England. This is the first state visit hosted by the UK with King Charles III as monarch, and the first state visit here by a South African leader since 2010. (Photo by Chris Jackson/Getty Images)Permaisuri Camilla (Photo by Chris Jackson/Getty Images) Foto: Getty Images/Chris Jackson

Keseluruhan rangkaian aksesori tersebut dikenal dengan nama Suite Victoria King George VI. Pada saat itu Raja George memberikan putrinya, Putri Elizabeth, tiara, kalung, dan anting-anting sebagai hadiah pernikahan di tahun 1947. Perhiasan tersebut diyakini berasal dari pertengahan abad 1800an dengan gelang yang ditambahkan pada 1960an.

Penampilan permaisuri Camilla tentu tak bisa disamakan dengan Kate Middleton yang memilih memakai tiara Queen Mary's Lover's Knot untuk jamuan kenegaraan. Sementara Putri Wales telah mengenakan Knot Lover Ratu Mary dan Bunga Teratai untuk acara-acara kenegaraan sebelumnya, Camilla telah memilih Delhi Durbar dan Greville Tiara yang lebih besar untuk makan malam diplomatik.

Karena adanya penundaan kunjungan kenegaraan akibat Pandemi, maka pemakaian tiara ini menjadi yang pertama bagi bangsawan Inggris setelah hampir 3 tahun. Kunjungan kenegaraan Afrika Selatan menjadi yang pertama diselenggarakan oleh keluarga Kerajaan Inggris, setelahnya Amerika Serikat.

Sementara itu, beberapa spekulasi terus berkembang mengenai mahkota yang mungkin dikenakan Camilla untuk penobatan suaminya musim semi ini. Istana Buckingham sebelumnya mengkonfirmasi bahwa Permaisuri akan dinobatkan di samping Raja Charles pada 6 Mei 2023.

Mahkota yang dibuat untuk penobatan Permaisuri terakhir, nenek Charles, Ratu Elizabeth, pada tahun 1937 - berupa Koh-i-Nûr yang kontroversial berlian sebagai pusatnya. Namun karena permata tersebut bisa dilepas, maka bukan tak mungkin Raja Charles dan Camilla memilih untuk melepaskan permata kontroversial tersebut atau memilih mahkota yang benar-benar berbeda sepenuhnya.



Simak Video "Raja Charles dan Camilla Hadir di Acara Tahunan Korban Perang Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)