ADVERTISEMENT

6 Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat, Dijamin Ampuh

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 18 Nov 2022 19:30 WIB
Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Cara menghilangkan noda bekas jerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/NirutiStock
Jakarta -

Bekas jerawat meninggalkan noda hitam membandel di kulit? Yuk ikuti cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Noda hitam bekas jerawat atau post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) umumnya berbentuk bintik hitam yang disebabkan oleh jerawat. Wanita berkulit gelap yang cenderung lebih sering mengalaminya.

"Warna dengan kulit yang lebih gelap rentan terhadap hiperpigmentasi karena tingkat melanin yang lebih tinggi di kulit. Ini berarti bahwa setiap kali ada trauma, sel melanin dengan cepat bertindak untuk menghasilkan lebih banyak melanin untuk mempertahankan dan melindungi dari trauma itu," jelas Dija Ayodele, seorang ahli estetika sekaligus pendiri West Room Aesthetics, mengutip Harper's Bazaar AS.

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), meskipun noda hitam bekas jerawat akan hilang dengan sendirinya, mungkin perlu waktu berbulan-bulan. Untuk itu, kamu bisa melakukan perawatan dalam menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat bisa dilakukan melalui perawatan medis atau rumahan. Berikut ragam cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang mungkin bisa kamu coba lakukan demi meningkatkan penampilan.

1. Pakai Tabir Surya

Kamu perlu menggunakan tabir surya setiap hari sebagai salah satu cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Tabir surya membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga mencegah kerusakan lebih lanjut dan meningkatkan penyembuhan kulit.

2. Krim yang Mengandung Vitamin C


Krim atau lotion yang mengandung vitamin C bisa menjadi salah satu alternatif cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

"Tidak hanya membantu mencerahkan dan memecah pigmentasi yang mungkin sudah Anda miliki, tapi juga mencegah terbentuknya bintik hitam di masa mendatang," ujar Dr Dennis Gross, seorang dermatologis.

Krim dengan kandungan asam askorbat ekstrak alami, termasuk akar licorice dan murbei juga bisa menjadi pilihan. Hindari penggunaan krim pencerah kulit yang mengandung merkuri karena risiko kerusakan ginjal, kerusakan saraf, dan keracunan merkuri.

3. Retinol

Cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat bisa dengan menggunakan retinol.

"Retinol (atau vitamin A) berguna untuk jerawat karena memudarkan hiperpigmentasi dengan meningkatkan tingkat pergantian sel," ujar Dr Philippe Hamida-Pisal.

4. Retinoid

Obat-obatan ini biasanya datang dalam bentuk topikal, hanya dioles ke kulit. Kamu bisa mencoba menggunakan retinoid di rumah.

Seseorang harus mulai dengan produk yang mengandung konsentrasi 0,025% untuk memastikan tidak mengiritasi. Dokter biasanya meresepkan tretinoin dalam bentuk 0,025% dan 0,05%.

5. Hydroquinone

Mengutip dari Medical News Today, studi menunjukkan hydroquinone akan membantu mengurangi ukuran, warna, dan tingkat keparahan bintik hitam membandel. Ini menjadi salah satu cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat yang umum dilakukan ahli medis.

6. Terapi Masker LED

Terapi cahaya telah terbukti bekerja pada begitu banyak masalah kulit, mulai dari hilangnya kolagen hingga jerawat aktif. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa LED merah khususnya dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat perbaikan sel sehingga membantu kulit pulih dari jerawat secara lebih efektif.

Yuk coba salah satu cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di atas.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)