ADVERTISEMENT

BTS Bakal Wamil, Korea Selatan Diprediksi Kehilangan Rp 54 T per Tahun

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 21 Okt 2022 19:30 WIB
Dunia Hari Ini: Anggota Band K-Pop BTS Pastikan Akan Ikuti Wajib Militer BTS. Foto: ABC Australia
Jakarta -

BIGHIT MUSIC telah mengumumkan rencana personel BTS memenuhi wajib militer. Dimulai dari Jin sebagai personel tertua. Dia akan mendaftar wajib militer setelah menyelesaikan promosi lagu The Astronaut.

Sedangkan personel BTS lainnya mendaftar wajib militer sesuai rencana masing-masing. Menurut agensi, ketujuh personel baru akan melanjutkan aktivitas grup pada 2025.

Menyusul kabar wajib militer personel BTS, muncul kekhawatiran bahwa Korea Selatan akan kehilangan pendapatan sebesar 5 triliun won (sekitar Rp 54 triliun) per tahun. Grup KPop yang mendunia itu memang menyumbang pendapatan besar untuk negara. Tak heran jika BTS sempat mendapat privilese menunda wajib militer.

Namun Jin BTS mematahkan privilese tersebut karena ingin memenuhi tugas negara seperti pria Korea Selatan lainnya. Dia membatalkan penundaan wajib militer dan nantinya akan bergabung dengan angkatan darat sebagai tentara aktif.

Jin BTSJin BTS Foto: dok. Instagram @jin

BTS Menyumbang Pendapatan Negara

Seperti yang tercatat dalam laporan Hyundai Economic Research Institute pada 2018, BTS menyumbang 5,1 triliun won per tahun.

Laporan yang sama menyebutkan bahwa setiap satu dari tiga belas turis mengunjungi Korea Selatan karena BTS pada 2017. Bangtan Boys juga menyumbang pendapatan 1,58 triliun won untuk ekspor dan barang konsumsi seperti kosmetik.

Kini netizen Korea ramai membicarakan laporan Fortune Magazine yang menyebut, rencana wajib militer BTS membuat Korea Selatan kehilangan kesempatan untuk mendapat 5 triliun won per tahun. Sebab pemerintah seakan mendahulukan perekonomian ketimbang pertahanan negara.

BTSBTS Foto: dok. HYBE

Sementara personel BTS menuai pujian karena memilih memenuhi tugas negara.

"Tidak peduli berapa banyak uang yang hilang, tugas adalah tugas. Ada aturan untuk semuanya, dan saat kalian mulai memberikan fasilitas dan pengecualian, saat itulah standar runtuh. Aku belum pernah melihat seorang selebriti yang mencoba untuk keluar dari kewajiban wajiban militer dan memiliki karier yang baik di negara kita. Mereka selamanya dicap dengan rasa malu atas tugas mereka. Jika kalian mempertimbangkan jangka panjang, BTS pada akhirnya membuat pilihan tepat," komentar seorang netizen di forum online.

"Itu tak berarti bahwa tanggung jawab wajib militer harus diserahkan kepada pria muda lainnya," tulis netizen lainnya.



Simak Video "Pemerintah Korsel Izinkan BTS Manggung Selama Masa Wamil"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)