ADVERTISEMENT

Kontes Kecantikan Putri Jawa Suriname Viral, Ini Kisah Unik di Baliknya

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 13 Jul 2022 06:00 WIB
Putri Jawa Suriname Foto: Facebook Putri Jawa Suriname
Jakarta -

Foto daftar 15 besar kontestan Putri Jawa Suriname baru-baru ini jadi perbincangan di media sosial. Poster tersebut menampilkan paras dan nama para finalis yang familiar karena khas Jawa. Kontes kecantikan itu sendiri ternyata bukan pertama kali diadakan. Pernah digelar 20 tahun lalu, Putri Jawa Suriname 2022 kali ini bertujuan untuk melestarikan budaya Jawa di era modern.

Putri Jawa Suriname 2022 adalah sebuah ajang kecantikan yang diselenggarakan VHJI (Vereniging Herdenking Javaanse Immigratie), komunitas orang Jawa terbesar di Suriname, Amerika Selatan. Kontes itu sendiri diadakan untuk kedua kalinya setelah 20 tahun. Salah satu alasannya adalah untuk melestarikan budaya di kalangan anak-anak muda.

Putri Jawa SurinamePutri Jawa Suriname Foto: Facebook Putri Jawa Suriname

"Setelah 20 tahun, organisasi kami merasa penting untuk membuat kontes kecantikan spesial ini lagi setelah banyaknya tantangan karena pandemi dan terhambatnya semua kegiatan budaya sebagai akibatnya, tidak banyak acara budaya untuk anak muda.

"Dengan acara ini, kami ingin menawarkan anak muda sebuah wadah untuk menampilkan diri mereka dengan cara yang positif," kata Sharon Pawiroredjo selaku anggota dewan VHJI dan koordinator Putri Jawa Suriname 2022 yang diwawancara Wolipop.

Menurut Sharon, di Suriname tidak banyak kontes kecantikan khusus wanita keturunan Jawa kecuali untuk anak-anak. Putri Jawa Suriname sendiri dihadirkan dengan harapan budaya tradisional Jawa-Suriname bisa beradaptasi di kehidupan modern. Visi lain dari ajang ini adalah untuk meningkatkan solidaritas dan nilai-nilai dari orang-orang keturunan Jawa sekaligus mendorong pemberdayaan wanita.

Putri Jawa SurinamePutri Jawa Suriname Foto: Facebook Putri Jawa Suriname

"Putri Jawa Suriname ingin menyebarkan solidaritas dan nilai-nilai budaya Suriname-Java, terutama pentingnya peran wanita dalam kesadaran sosial, industri kreatif, lingkungan, pendidikan, dan sektor-sektor yang membuat kontribusi pada perkembangan masyarakat Suriname," jelas Sharon.

Putri Jawa Suriname 2022 saat ini masih berlangsung. 15 besar kontestan terpilih dari wawancara dan presentasi pada bulan Mei lalu tengah mempersiapkan diri dengan mengikuti sejumlah pelatihan yang disediakan VHIJ. Sebelum malam final yang digelar pada bulan September, mereka tengah melakukan latihan terkait kemampuan komunikasi, sosial, budaya, juga bahasa.

Finalis yang nantinya terpilih sebagai ratu kecantikan Putri Jawa Suriname 2022 akan mendapat hadiah uang tunai. Pemenang juga akan mendapatkan paket berupa beasiswa dan produk kecantikan dari Mustika Ratu hingga kesempatan pemotretan.

(ami/ami)