ADVERTISEMENT

Ini 2 Reality Show LGBT Pertama di Korea yang Tuai Kontroversi Netizen

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 17 Jun 2022 12:30 WIB
ilustrasi LGBT, LGBT, Gay, sex, lesbian, transgender (Andhika-detikcom) Ilustrasi pasangan LGBT. Foto: (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Wavve akan meluncurkan reality show LGBT pertama di Korea Selatan pada Juli 2022. Pengumuman itu dibagikan bertepatan dengan Pride Month yang dirayakan komunitas LGBT setiap bulan Juni.

Wavve sendiri merupakan platform streaming berbayar seperti Netflix di Korea Selatan. Tak hanya satu, Wavve akan meluncurkan dua reality show LGBT sekaligus yang mengusung konsep berbeda.

Ada Merry Queer dan Stranger's Love yang akan menyorot hubungan pasangan LGBT.

Reality Show LGBT Pertama di Korea

Merry Queer adalah reality show pertama di Korea Selatan yang menggambarkan hubungan pasangan LGBT dengan segala rintangannya hingga berakhir di pelaminan.

Reality show Merry Queer menggambarkan keinginan pasangan LGBT untuk menikah.

Sedangkan Stranger's Love menjadi reality show pertama yang menampilkan sejumlah pria Korea Selatan mencari pasangannya.

Stranger's Love fokus menampilkan pasangan gay. Para kontestan Stranger's Love akan pindah ke rumah pria pilihannya untuk memastikan perasaan satu sama lain.

"Kami akan memperkenalkan Merry Queer, reality show LGBT romantis pertama di Korea Selatan dan Stranger's Love, sebuah reality show untuk pasangan gay pada bulan Juli," demikian pernyataan pihak Wavve seperti dilansir dari Koreaboo.

Platform streaming Korea itu ingin membuka mata netizen tentang pasangan LGBT.

"(Dua reality show) ini tak hanya fresh tapi juga seru, kami akan mendiskusikan dan menampilkan masalah sosial yang ingin kami bagikan kepada pemirsa untuk dipikirkan secara serius dan mendapat simpati."

Netizen Khawatir dengan Kontestan

Sejumlah netizen di mancanegara menunjukkan kekhawatiran menyusul pengumuman Wavve yang merilis dua reality show LGBT. Pasalnya Korea Selatan dikenal sebagai negara yang konservatif.

Tak sedikit netizen yang khawatir dengan keselamatan kontestan karena kecaman publik. Ada pula yang menuding bahwa reality show LGBT Wavve hanya ajang queerbaiting.

Semantic ErrorDrama Korea Semantic Error yang populer di mancanegara dan mengangkat kisah pasangan gay Foto: dok. Watcha

"Aku khawatir dengan keselamatan orang-orang yang ikut dalam acara ini. Korea sangat homophobic," komentar seorang netizen di jagat Twitter.

"Aku harap para kontestan tidak mendapat pelecehan," tulis seorang netizen.

"um- im scared tbh semoga gak dikecam masyarakat sana yah soalnya masih sensitif gak sih ini. lets see smoga gak queerbaiting juga," timpal netizen lain.



Simak Video "Brad Pitt Bantah Lakukan KDRT ke Angelina Jolie di Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)