ADVERTISEMENT

Putri Baptis Vladimir Putin Disebut Mata-mata Asing, Tentang Rezim di Rusia

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 20 Mei 2022 15:04 WIB
Ksenia Sobchak Foto: dok. Instagram
Jakarta -

Ksenia Sobchak namanya dikenal di Rusia tidak hanya karena kariernya sebagai presenter TV dan pernah berpose untuk Playboy. Ksenia juga dikenal sebagai putri baptis Vladimir Putin. Namun kini wanita 40 tahun itu menjadi salah satu orang yang dibenci oleh Putin karena diduga sebagai mata-mata asing.

Ksenia juga berkecimpung di dunia politik, namun dia adalah politisi oposisi yang menentang Putin dalam pemilihan presiden 2018. Ksenia sudah mengenal Putin sejak dia masih kecil, bahkan sang presiden menjadi ayah baptisnya.

Ayah Ksenia, Anatoly Sobchak dan Vladimir Putin memiliki kedekatan yang sudah seperti saudara. Anatoly Sobchak adalah seorang profesor hukum dan mentir Putin yang turut aktif di politik Rusia.

Sementara Putrinya menentang rezim Rusia yang dinilainya ekstrem. Kini, otoritas Rusia dari Deteksi Intervensi Asing, Aleksander Ionov tengah memeriksa Ksenia apakah dia didanai oleh asing untuk memata-matai Rusia.

Ksenia tampak tidak takut dengan pemeriksaan tersebut. Di Instagramnya dia malah menantang Ionov bahwa dia akan segera menjadi agen mata-mata asing.

Ksenia pun mengatakan bahwa dia merasa bangga dengan dirinya saat ini karena bisa memiliki pendapatnya sendiri. "Ini berarti kebebasan mutlak," ungkapnya di Instagram.

"Pihak berwenang Rusia kerap menggunakan label 'agen asing' untuk menindak aktivitas kelompok politik dan media anti-Putin. Mereka menuduh kelompok atau individu tersebut telah menerima dana dari musuh Putin.

Ksenia mengatakan bahwa rezim Putin akan menggunakan hukum apapun agar mereka bisa memblokir kelompok atau individu yang menentangnya. Menurut Ksenia sebagai seorang warga negara dia bebas menyuarakan pendapatnya.



Simak Video "Puisi untuk Putin, Artis Annalynne McCord Jadi Sorotan Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)