Gwyneth Paltrow Rilis Popok Rp 1,7 Juta Picu Kemarahan, Ada Alasan di Baliknya

Hestianingsih - wolipop Jumat, 13 Mei 2022 13:00 WIB
Goop Diaper, popok sekali pakai seharga Rp 1,7 juta. Goop Diaper, popok sekali pakai seharga Rp 1,7 juta. Foto: Dok. Goop
Jakarta -

Goop, brand kesehatan milik Gwyneth Paltrow kembali meluncurkan produk sehari-hari yang tak biasa. Kali ini mereka menjual popok bayi mewah bertatahkan permata.

Popok sekali pakai pakai tersebut berbahan wool yang terbuat dari bulu hewan alpaca. Diberi nama Diaper, satu set popok berisi 12 buah dijual seharga USD 120 atau sekitar Rp 1,7 juta.

Dalam keterangannya, popok tersebut diklaim punya kemampuan membersihkan kotoran luar-dalam. Selain untuk menampung kotoran bayi, permata jenis amber yang disematkan pada bagian samping popok juga berfungsi menjernihkan pikiran.

"Inilah Diaper. Popok sekali pakai terbaru kami dengan pinggiran terbuat dari wool alpaca murni dan dilengkapi dengan batu amber, dikenal pada zaman kuno punya kemampuan membersihkan emosi," demikian keterangan Goop di Instagram.

Goop Diaper, popok sekali pakai seharga Rp 1,7 juta.Goop Diaper, popok sekali pakai seharga Rp 1,7 juta. Foto: Dok. Goop

Popok ini juga memiliki aroma melati dan bergamot. Kombinasi dua aroma itu disebut bisa membantu merevitalisasi bayi saat memakainya.

Perilisan popok mewah sekali pakai tersebut menimbulkan kemarahan netizen di media sosial. Mereka bertanya-tanya apakah Goop benar merilis dan menjualnya atau hanya sebagai lelucon. Sebab harga Rp 1,7 juta hanya untuk 12 popok sekali pakai dinilai terlalu mahal.

"USD 10 per popok, 'wool alpaca murni', sabuk pengencang berhias permata amber. The Goop Diaper. Dunia ini sudah jadi lelucon," cuit netizen di Twitter.

Namun ternyata produk popok mewah itu hanyalah fiktif belaka. Tak berapa setelah mengumumkan perilisan produk, Gwymeth Paltrow memberikan klarifikasi bahwa iklan itu adalah palsu.

Goop Diaper 'dirilis' untuk mengritik kebijakan pemerintah yang memberlakukan pajak popok sangat mahal. Padahal popok sekali pakai adalah kebutuhan pokok rumah tangga.

"Goop merilis popok sekali pakai mewah seharga USD 120 untuk 12 buah dan langsung memicu kemarahan. Bagus. Itu memang dibuat untuk membuat kita marah," ujar Gwyneth Paltrow.

Dia melanjutkan, "Meskipun kebutuhan popok sangat penting, di 33 negara bagian, tapi tidak diperlakukan sebagai benda penting. Popok dikenakan pajak sebagai barang mewah."

Gwyneth Paltrow mengritik pajak popok sekali pakai yang mahal dapat membuat keluarga dengan penghasilan terbatas kesulitan untuk memenuhi kebutuhan bayinya. Dia pun memanfaatkan momen ini untuk menggalang dana.

"Sekarang ini, banyak keluarga yang membutuhkan juga kesulitan karena kekurangan susu formula. Berdonasilah ke @baby2baby untuk membantu kesediaan popok, susu formula dan barang pokok lainnya kepada keluarga yang membutuhkan," pungkasnya.



Simak Video "NCTzen Puji Interaksi Indra Herlambang dengan NCT Dream"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)