ADVERTISEMENT

Kisah Wanita Tak Potong Rambut 19 Tahun dari Lahir, Sisiran Hingga 5 Jam

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 22 Apr 2022 12:18 WIB
Wanita Tak Potong Rambut 19 Tahun dari Lahir Wanita tak potong rambut 19 tahun sejak lahir. Foto: dok. TikTok @zo_fi12
Jakarta -

Viral video seorang wanita yang belum pernah memotong rambutnya sejak lahir. Pemilik akun TikTok @zo_fi12 itu membuat netizen Indonesia berdecak kagum karena panjang rambutnya setara dengan tinggi badannya. Wanita yang akrab disapa Yan itu pun mendapat julukan "Rapunzel lokal."

Salah satu videonya yang diunggah baru-baru ini viral ditonton lebih dari 4,4 juta pengguna TikTok. Dalam video itu, Yan mengaku ingin memotong rambutnya. Namun, dia mengurungkan niatnya karena banyak yang mendambakan rambutnya.

"Potong rambut ah, capek dari bayi ga pernah potong," "Ga jadi deh, soalnya banyak yang mau punya rambut panjang tapi belum kesampaean," tulis wanita berumur 19 tahun itu sebagai keterangan videonya.

Hingga kini, video yang diunggah Yan sudah mendapat lebih dari 330 ribu likes dan 8 ribu komentar. Tak sedikit yang penasaran dengan caranya merawat rambut, terlebih Yan memiliki rambut tebal bergelombang.

@zo_fi12 sejak buat tik tok, aku baru tau ada spesies manusia yg pgn punya rambut panjang bgt #fyp #fypシ #rapunzel ♬ original sound - I edit🤠👍🏾

Perlu 3-5 Jam untuk Sisiran

Sebelumnya Yan telah menjawab pertanyaan sejumlah netizen yang penasaran dengan caranya merawat rambut. Ternyata Yan memerlukan waktu 3 hingga 5 jam untuk menyisir rambut dengan bantuan ibunya.

"Aku tuh biasanya disisirin sama mamaku. Biasanya kalau sisiran itu bisa 3 sampai 5 jam, guys. Dan itu tuh aku 3 sampai 5 jam berdiri. Jadi dari jam 7 (pagi) sampai 12 (siang)," ungkapnya di salah satu video.

Biasanya saat menyisir rambut, Yan akan membelahnya menjadi tiga bagian. Dan menariknya lagi, ibunya menyisir rambut Yan sambil berzikir agar lebih mudah disisir.

Wanita Tak Potong Rambut 19 Tahun dari LahirWanita Tak Potong Rambut 19 Tahun dari Lahir Foto: dok. TikTok @zo_fi12

"Dan biasanya kalau mama aku tuh nyisirin aku, mamaku sambil zikir, guys. Nggak tau kenapa kalau mamaku nyisir sambil zikir itu katanya kayak lebih mudah disisir gitu guys rambutku," sambungnya.

Wanita itu juga tidak mencuci rambutnya setiap hari. Yan hanya keramas seminggu atau dua minggu sekali, dan harus mendapat persetujuan dari ibunya sebelum keramas.

Yan mengaku tak punya perawatan khusus untuk rambutnya. Namun setelah keramas, dia akan mengoleskan minyak rambut dan minyak kemiri di batang rambutnya sebelum menyisir. Saat keluar rumah, Yan biasa mengepang rambutnya menjadi dua bagian.

Keinginan Potong Rambut

Dalam unggahannya, Yan beberapa kali mengungkap keinginannya untuk potong rambut. Alasannya mempertahankan rambut panjang ialah mengikuti keinginan sang ibu.

Ibunya hanya memperbolehkan Yan potong rambut sebelum menikah.

"Buat yang tanya kenapa aku ga potong rambut. Andaikan kalian tau rasa sayangku ke mamaku. Melebihi rasa capekku 19 tahun lebih ga potong rambut," pungkas Yan.



Simak Video "Pengakuan di Balik Video Viral 'Nenek Mandi Lumpur' di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)