ADVERTISEMENT

Aktor Pachinko Jin Ha Dituduh Pelecehan, Ambil Foto Nenek-nenek Tanpa Izin

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 26 Mar 2022 12:05 WIB
jin ha Foto: Dok. Instagram @mistterjin
Jakarta -

Pachinko yang rilis di AppleTV sedang ramai diperbincangkan pecinta drama Korea. Sayangnya di tengah banyaknya pujian tentang serial tersebut, seorang aktornya dilaporkan melakukan pelecehan seksual. Jin Ha dituduh mengambil foto tanpa izin dan melecehkan para korbannya.

Jin Ha adalah aktor Korea-Amerika yang berperan sebagai Baek Solomon dalam drama Pachinko. Sebelumnya ia jadi perhatian publik karena mengenakan baju tradisional hanbok dalam acara perilisan. Di hari pertama rilisnya drama Korea yang juga dibintangi Lee Min Ho dan Kim Min Ha tersebut, ia kembali diperbincangkan tapi kali ini terkait pelecehan seksual.



Dalam sebuah postingan di komunitas online, ia disebut sering mengambil foto nenek-nenek. Bahkan Jin Ha punya sebuah folder dalam blognya yang mendokumentasi potret wanita Korea berusia lanjut yang tampaknya diambil tanpa izin.

Dilansir Herald Kyungje, pria yang pernah mendapat nominasi Grammy tersebut memotret lebih dari 100 foto nenek-nenek di tempat publik di Korea, seperti halte, subway, atau jalanan. Dikatakan jika foto-foto yang disimpan dalam album berjudul 'Flowers In Bloom' tersebut diambil mulai Juli 2010 hingga September 2011.

Kebanyakan foto menunjukkan nenek-nenek tersebut menggunakan busana bermotif bunga. 'Wanita tua Korea berdedikasi memakai motif floral," tulisnya.

jin hajin ha Foto: Dok. Herald Kyungje

Penulis blog yang diduga adalah Jin Ha pun sering memberi komentar pada foto-fotonya, seperti mengakui hampir tertangkap, mengatakan jika mereka seperti model, hingga sulit untuk mengontrol nafsu. Jin Ha juga dituduh mengomentari fisik orang-orang tersebut dengan nada merendahkan karena itu dianggap pelecehan seksual.

Sampai berita ini jadi viral, belum ada perwakilan Jin Ha atau AppleTV yang bicara soal masalah pelecehan seksual ini. Jin Ha sendiri telah menghapus album dlam blog tersebut tanpa penjelasan atau permintaan maaf.

(ami/ami)