ADVERTISEMENT

Cerita Najwa Shihab Jatuh Cinta Pada Lari Gara-gara Pandemi, Ini Alasannya

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 16 Mar 2022 21:00 WIB
Najwa Shihab Najwa Shihab. Foto: dok. Instagram @najwashihab
Jakarta -

Selama satu tahun terakhir, Najwa Shihab mulai menekuni olahraga lari. Pembawa acara talkshow Mata Najwa itu kerap mengunggah potretnya saat berlari di tengah kesibukannya lewat akun Instagram pribadi @najwashihab.

Baru-baru ini, Najwa Shihab membagikan foto saat berlari dengan Susi Pudjiastuti di stadion utama Gelora Bung Karno. Saat bertolak ke Balikpapan untuk urusan pekerjaan, dia pun menyempatkan waktu untuk mengelilingi Lapangan Merdeka Balikpapan.

Kecintaan Najwa Shihab terhadap olahraga lari bermula dari keikutsertaannya dalam lomba lari tahunan Pocari Sweat Indonesia Run di Bandung tahun lalu. Wanita yang akrab disapa Nana itu berlari sejauh 10 km didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Najwa ShihabSusi Pudjiastuti dan Najwa Shihab Foto: dok. Instagram @najwashihab

Tahun ini, alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia itu kembali berpartisipasi dalam lomba lari yang digelar Pocari Sweat. Menjelang acara, Najwa Shihab mengungkap perasaannya saat mulai menekuni olahraga lari secara tak sengaja.

"Sebelumnya nggak pernah punya pengalaman lomba lari. Bahkan nggak pernah kepikiran akan lari. Jadi cobain olahraga macam-macam, cuma lari nggak pernah jadi pilihan. Tapi pandemi mengubah banyak hal, orang mencoba hal baru, ada yang suka sepeda, ada yang suka tanaman, macam-macam. Nah, saya jatuh cintanya pada lari," ungkap Najwa Shihab dalam acara virtual Pocari Sweat, Rabu (16/3/2022).

Pengalaman pertamanya membawa banyak memori yang berkesan. Di awal track, Najwa Shihab harus melewati tanjakan yang membuatnya engap. Wanita 44 tahun itu juga melewati tempat-tempat ikonik di Bandung. Di satu sisi, perhatiannya teralih pada angkot yang lewat dan bau gerobak sate. Hobinya itu semakin menyenangkan karena adanya komunitas lari.

[Gambas:Instagram]

"Seru sih. Salah satu yang menonjol di lari itu adalah komunitasnya. Aku merasa komunitas lari itu sangat suportif. Sepanjang jalan waktu kemaren di Bandung, banyak yang ngasih semangat, tepuk tangan, dan ngajak foto-foto," sambung Najwa Shihab.

Motivasi Najwa Shihab untuk Kaum Rebahan

Dalam kesempatan tersebut, Najwa Shihab memberikan motivasi untuk kaum rebahan yang belum atau bahkan baru memulai lari. Dia bercermin pada dirinya sendiri dan mengingatkan untuk memulainya secara bertahap dengan latihan rutin setiap minggu.

[Gambas:Instagram]

"Selama pandemi kan kita banyak mengalami stres. Banyak hal-hal yang nggak tercapai, rasa sebal, dan kena banget ke mental health. Menurutku, lari itu salah satu terapi yang paling murah dan mudah. Prestasinya paling kecil tapi Insya Allah benefit-nya paling besar," ujar Najwa Shihab.

Berbeda dengan cabang olahraga lainnya, lari dinilai tidak menyita banyak waktu untuk persiapannya. Najwa Shihab pun menyarankan wanita multiperan untuk berlari sebelum atau setelah pulang kerja.

"Harus dimulai dengan niat dulu. Yang kedua kalau aku boleh kasih tips, cari teman lari. Dan aku merasa teman lari itu yang bisa saling nguatin. Jadi penyemangat. Dan yang ketiga nggak usah terlalu banyak mikir. Mulai aja dulu. Jangan kebanyakan nunda-nunda," pungkas Najwa Shihab.



Simak Video "Joko Anwar Umumkan Najwa Shihab Sebagai Pemeran Nani Wijaya di 'Sri Asih'"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)