ADVERTISEMENT

Mesty Ariotedjo Bikin Aplikasi Parenting untuk Para Ibu, Ini Motivasinya

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 08 Mar 2022 19:00 WIB
Mesty Ariotedjo Mesty Ariotedjo. Foto: dok. Instagram @mestyariotedjo
Jakarta -

Mesty Ariotedjo adalah sosok inspiratif bagi perempuan Indonesia. Dia dikenal sebagai dokter spesial anak dengan kepedulian sosial yang tinggi. Wanita yang termasuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 pada 2016 ini menggagas program pelatihan musik Children of Harmony untuk mengembangkan bakat bermusik anak-anak sejak dini.

Di luar kesibukannya dalam dunia medis, Mesty Ariotedjo memang piawai bermain sejumlah alat musik seperti piano dan harpa. Dia pun menginisiasi lahirnya WeCare.id, platform crowdfunding yang mengelola penggalangan dana untuk pasien-pasien Indonesia yang terbentur biaya pengobatan agar mendapatkan pelayanan optimal.

Saat ini, Mesty Ariotedjo tengah mengembangkan platform parenting Tentang Anak bersama suaminya Garri Juanda, lulusan Harvard Business School yang berpengalaman di bidang teknologi. Dia ingin meringankan pikiran para ibu yang memperhatikan tumbuh kembang anak sekaligus mematahkan mitos-mitos parenting.

Lewat aplikasi Tentang Anak, para ibu bisa mendapatkan edukasi tentang menu MPASI hingga cara menyusui bayi langsung dari narasumber yang kompeten di bidangnya. Pengalamannya saat hamil anak pertama juga mendorong ibu dua anak itu menggarap Tentang Anak sehingga perempuan Indonesia tidak merasa ragu dan bingung.

Mesty AriotedjoMesty Ariotedjo dan suaminya Garri Juanda Foto: dok. Instagram @mestyariotedjo

"Aku lagi mengembangkan satu ekosistem parentingnya namanya Tentang Anak. Di mana misinya kita berharap bisa menemani seluruh orang tua dan anak di Indonesia untuk mendapatkan edukasi dan produk yang terbaik terkait pengasuhan anak mereka," kata Mesty Ariotedjo dalam acara virtual Wardah yang dihelat di Hari Perempuan Internasional, Rabu (8/3/2022).

Dalam kesempatan itu, Mesty Ariotedjo mengaku cita-citanya bukanlah menjadi seorang dokter. Sewaktu kecil dia terpikir untuk menjadi guru, artis cilik, hingga programmer. Anak tengah yang diapit kakak dan adik laki-lakinya itu juga diarahkan orang tuanya berkuliah di Fakultas Kedokteran. Namun, alumni Universitas Indonesia itu akhirnya merasa bahwa dia bisa bekerja sesuai passion dengan mengedukasi para ibu lewat kontennya.

Pemilik akun Instagram @mestyariotedjo itu dikaruniai dua anak yang berusia 3 tahun dan 1,5 tahun. Meskipun disibukkan dengan sejumlah pekerjaan, Mesty Ariotedjo merasa dirinya dapat menjadi ibu rumah tangga sembari berkarier karena mendapatkan dukungan sang suami. Dia pun mengingatkan perempuan Indonesia untuk menikahi pria yang mendukung dan memahami impiannya.

Mesty AriotedjoPotret keluarga Mesty Ariotedjo Foto: dok. Instagram @mestyariotedjo

"Menurut aku yang paling penting untuk para perempuan, bersamalah dengan seseorang yang memang mendukung kita dan benar-benar mau memahami apa impian kita. Mau merasa sejajar dan Alhamdulillah akhirnya aku menikah dengan seseorang yang seperti itu. Jadi kalau ditanya kenapa aku bisa mengerjakan semua itu, tidak lain karena aku beruntung. Aku memiliki privilege bahwa aku memang punya support system yang baik," tutur wanita 32 tahun itu.

Mesty Ariotedjo juga mengingatkan bahwa setiap perempuan memiliki peranan dan kelebihan masing-masing. Tidak ada salahnya jika perempuan memilih untuk menjadi ibu rumah tangga ataupun berkarier selama hal itu memberikan kebahagiaan. Hal terpenting yang harus diingat perempuan Indonesia ialah mengenali diri sendiri dan berusaha jujur untuk melakukan apa yang membuatnya merasa lebih bersemangat.

"Jadi nggak perlu terlalu mendengar kiri kanan dan percayalah bahwa kamu adalah yang paling mengenal dirimu dan yang paling tahu kekuatanmu dan kamu paling tahu apa kira-kira hal yang bisa aku lakukan yang memberikan manfaat ke diriku sendiri dan sekelilingku," pungkas Mesty Ariotedjo.



Simak Video "Pesan Miss Universe Zozibini Tunzi di Hari Perempuan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)