ADVERTISEMENT

Menurut Survei, Ini Ciri-ciri Miliuner yang Sebenarnya, Ada di Sekitar Kita

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 18 Feb 2022 19:15 WIB
Studio portrait of an attractive woman wearing an elegant evening gown against a gray background Foto: iStock
Jakarta -

Ketika bicara soal miliuner, kebanyakan orang akan berpikir soal penampilan mewah dan kehidupan bak di istana. Tapi berdasarkan survei ternyata sebagian besar jutawan tidak hidup demikian. Mereka bisa saja tinggal di sekitar kita dan terlihat seperti orang biasa. Bisa dipastikan jika mereka yang sudah dalam level miliarder betulan tidak suka pamer.

Hal tersebut disebutkan dalam Credit Suisse 2021 Global Welath Report yang mengungkap soal kebiasaan para miliuner. Penulis buku Everyday Millionaires, Chris Hogan, pun setuju bahwa mereka tidak terlihat mencolok dan suka pamer harta seperti yang dipercaya orang. Berbeda dari apa yang digambarkan di televisi atau media, orang kaya berbaur dengan kebanyakan masyarakat.

"Kebanyakan orang percaya bahwa miliuner adalah orang yang berdandan mewah dan berdiri di depan Lamborghini. Tidak, yang kami temukan adalah kebanyakan miliuner itu orang-orang yang tinggal di sekitar kita, kalian tinggal dengan mereka, kerja dengan mereka. Mereka adalah pekerja keras. Mereka tidak pamer," ungkap Chris dalam video.

Chris mengatakan jika salah satu perbedaan miliuner betulan dan bukan adalah mereka bekerja keras dan tak segan untuk lembur. Mereka bukan orang yang selalu bersantai menikmati uang dengan liburan sepanjang tahun. Lebih lanjut, Chris mengungkap ciri orang kaya lain yang bisa dilihat adalah cara mereka menghabiskan unag.

"Kekayaan mereka tidak terjadi dalam semalam, mereka berusaha keras untuk terhindar dari utang dan tetap menghindari utama setelah membayarnya," ungkap Chris.

Dalam riset terungkap 95% miliuner menghabiskan uang kurang dari yang mereka hasilkan. Sedangkan hanya 55% populasi yang melakukan demikian. Meski mereka banyak uang, orang kaya sebenarnya tidak malu untuk memakai kupon atau voucher. Selain itu, mereka juga tidak terlalu sering makan di luar. Bisa diambil kesimpulan, miliarder punya gaya hidup yang cenderung hemat.

Hal yang membedakan miliuner dengan orang kaya yang hanya pamer atau orang kaya baru adalah mereka bisa mengontrol diri sendiri. "97% miliuner percaya mereka mengontrol nasib mereka sendiri. Sedangkan hanya 50% populasi percaya itu. Dari situ kita tahu, pengetahuan, pola pikir, dan tindakan yang tepat bisa membuat kalian melakukan hal-hal luar biasa," kata Chris.

(ami/ami)