Klarifikasi Kakak Adik yang Viral Bikin Konten TikTok di Samping Jenazah Ayah

Mohammad Abduh - wolipop Rabu, 16 Feb 2022 12:14 WIB
Video TikTok viral Foto: Dok. TikTok
Jakarta -

Kakak adik ini viral karena aksinya mengunggah konten TikTok bersama jenazah ayah mereka. Ramai dihujat, kakak adik viral ini pun memberikan klarifikasinya.

Bella salah satu dari wanita dalam video itu mengatakan apa yang mereka lakukan sebuah hal spontan. Dia dan kakak serta adiknya tak berpikir panjang ketika membuat video tersebut.

Bella mengatakan video itu dibuat karena dipengaruhi kesedihan mereka atas meninggalnya ayah tercinta. Dia mengaku hanya ingin membuat kenangan bersama almarhum sang ayah.

Sebelum sang ayah meninggal, dia tidak bisa sering berjumpa sang ayah sebab tinggal di kota berbeda. Apalagi selama pandemi COVID-19 ini ada aturan PKP (Perintah Kawalan Pergerakan) di Malaysia yang membatasinya berpergian ke kota lainnya.

Bella selama ini tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia. Sedangkan keluarganya termasuk ayah dan saudari-saudarinya berada di Johor. Dia mengaku sudah dua tahun kesulitan bertemu sang ayah yang sakit kanker.

"Kali terakhir saya jumpa papa Oktober tahun lalu yang sempat direkam dalam video 'sebelum.' Bagian setelah di bilik jenazah itu menunjukkan momen 'flashback' kami sewaktu meluangkan waktu bersama papa," tambah anak kedua dari lima bersaudara itu.

Bella pun menjelaskan kenapa membuat video before after bersama ayahnya yang sudah meninggal itu. Dia dan saudari-saudarinya ingin membuat kenangan terakhir bersama ayah, namun memang tak berpikir panjang saat mengunggah ke TikTok.

"Bila semua dalam keadaan emosi dan sentimental karena terlalu sedih, video diunggah tanpa berpikir panjang," ujarnya kepada MStar.

Bella menegaskan video bersama jenazah ayah dibuat bukan untuk konten dan menambah pengikut di TikTok. Dia dan saudari-saudarinya hanya ingin video itu menjadi pengingat untuk netizen agar menghargai waktu bersama orangtua.

"Kami bukan nak kejar content, bukan juga buat marketing. Sekadar untuk mengingatkan kepada semua, hargai ibu bapa sementara mereka masih ada, tanyalah kabar mereka sebab kita tak tahu kapan hari terakhir kita bisa bertemu atau mengobrol dengan mereka," tuturnya.

Bella berharap netizen tidak terus-menerus menghakiminya dan saudari-saudarinya. Apalagi ada netizen yang menuduh mereka tidak sedih malah asyik membuat konten saat ayah meninggal.

"Kalau ada yang bilang kami gembira di video itu, sebenarnya kami sangat sedih. Sengsara menanti papa bangun di ICU selama 33 hari. Setiap hari kami berdoa ada keajaiban dari Allah, mendapatkan kesempatan terakhir untuk cium, salam dan peluk papa. Tapi kami ikhlas papa pergi," ucap Bella.

Sebelumnya viral aksi Bella dan dua saudarinya membuat konten before after TikTok di samping jenazah ayah. Video viral berdurasi 18 detik itu menunjukkan dua momen kakak dan adik di Malaysia itu bersama ayah mereka. Momen pertama yaitu pada Oktober 2021 saat sang ayah masih hidup. Dalam video terlihat ketiga kakak dan adik itu sedang menari sambil duduk di sebelah ayah mereka.

Video kemudian menunjukkan momen 'after' pada Februari 2022 di mana ketiga kakak adik itu tampak memakai hijab dan baju hitam serta putih. Ketiganya tampak berdiri dengan posisi seperti di momen Oktober 2021 namun kali sosok sang ayah tak ikut berdiri di sebelah mereka.

Kakak adik itu tampak berdiri di sebelah jenazah ayah mereka. Pada akhir video, ketiganya berpaling ke arah jenazah yang tampak ditutup kain kafan.

Banyak mendapat hujatan dan kritikan dari netizen, Bella mengaku dia dan saudari-saudarinya menerima itu semua. Mereka pun meminta maaf atas aksi yang telah dilakukan.

"Kami terima teguran orang ramai. Kami mohon maaf dari ujung rambut sampai ujung kaki," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Dimas Mangara Si Dada Jedak-Jeduk"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)