Viral Pria Buat Acara Selapanan untuk Anak Kucing, Ini Cerita di Baliknya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 29 Jan 2022 08:00 WIB
Viral pria ini membuat acara selapanan untuk anak kucing. Pria yang mengadakan acara selapanan untuk anak kucing. Foto: Dok. Tangkapan layar TIkTok km bilang @riomaryono.
Yogyakarta -

Aksi kocak pria satu ini mencuri perhatian warganet. Pasalnya, ia menggelar acara selapanan sekaligus pemberian nama untuk anak kucing yang baru lahir.

Tradisi selapanan biasanya diadakan untuk bayi yang sudah menginjak usia 35 hari. Acara ini sebagai pengingat bahwa sang anak sudah bertambah umur, yang berarti bahwa si anak mengalami suatu perubahan, baik perubahan fisik maupun perubahan batin atau mental. Namun, pria viral ini malah mengadakan acara selapanan untuk kucingnya.

Video acara selapanan anak kucing ini viral setelah diunggah oleh akun TikTok @riomaryono. Dalam video yang berdurasi 36 detik itu terlihat acara selapanan diadakan di samping kolam ikan di samping rumah.

"Acara selapanan n pemberian nama Baby Rose #temanhealing #kucingtiktok #kucing #catsoftiktok #jogja #kucingimut #kucinglucu. Acara selapanan dan pemberian nama Baby Rose," tulis akun TikTok @riomaryono.

Viral pria ini membuat acara selapanan untuk anak kucing.Viral pria ini membuat acara selapanan untuk anak kucing. Foto: Dok. Tangkapan layar TIkTok km bilang @riomaryono.

Dalam video terlihat, selapanan kucing dihadiri sejumlah wanita yang kompak mengenakan kebaya dan bawahan rok batik. Sedangkan tamu pria memakai beskap dan bawahan kain batik.

Video juga memperlihatkan momen anak kucing berwarna putih berada di genggaman tangan pria yang memakai beskap putih. Akun TikTok @riomaryono menambahkan jika ia sudah mempersiapkan jenang merah dan putih, nasi urap dan lauk pauk serta kue jananan pasar untuk acara selapanan kucing.

"Bismillahirahmanirahim, disaksikan teman-teman semua dan doa. Dg ubo rame jenang merah dan putih , nasi urap lengkap dan buah-buahan serta jajanan pasar," lanjutnya

Ia mengucapkan terima kasih kepada warganet karena telah membantu memberikan saran untuk nama anak kucingnya tersebut.

"Berjenis kelamin jantan, Baby Rose saya kasih nama Devon. Terima kasih banyak teman-teman yang telah kasih masukan nama ada lebih dari 1.000 orang," ucapnya.

"Terima kasih kiriman gift dan doa dari teman-teman semua semoga Devon sehat cepat besar dan pintar. Setelah makan bersama kita sedikit relax ke acara panen raya di jalan Raminten Jakal, Yogyakarta. Bagi yang telah kasih nama Devon di video TikTok aku terima kasih banyak yah," tambahnya.

Viral pria ini membuat acara selapanan untuk anak kucing.Viral pria ini membuat acara selapanan untuk anak kucing. Foto: Dok. Tangkapan layar TIkTok km bilang @riomaryono.

Video yang membuat warganet geleng-geleng kepala tersebut sudah ditonton lebih dari 712 ribu Views. Warganet ada yang merasa gemas dan takjub melihat aksi pria tersebut.

"Gabutnya orang berduit," ucap pengguna TikTok @Layzee.

"Gw cari anaknya sampai video TikTok selesai baru sadar ada whiskas gw putar ulang ternyata yang dipegang baby kocheng gw kira tadi bayi beneran ," kaget akun @Citraquinnshop.

"Sehat-sehat ya Devon aamiin..." ujar akun @이지은 .

"Ya Allah niat banget ," tawa akun @martabak manis.

"Speechles gue," saut akun @kikampungindonesia.

"LUCU BANGET ASTAGFIRULLAH ," timpal akun @yayah.

@riomaryono Acara selapanan n pemberian nama Baby Rose #temanhealing #kucingtiktok #kucing #catsoftiktok #jogja #kucingimut #kucinglucu ♬ suara asli - Arif @berkah.manten

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Rio Maryono yang mengunggah video TikTok acara selapanan anak kucing tersebut. Ia mengaku acara selapanan yang ada di video TikToknya benar terjadi dan bukan candaan. Selapanan anak kucing itu digelar pada 8 Januari 2022.

"Video itu adalah acara selapanan dan pemberian nama Baby Cat Devon. Acara syukuran lahirnya baby cat dengan harapan supaya baby cat dan mommy-nya sehat terus cepat besar," ungkap Rio kepada Wolipop lewat pesan singkat, Kamis (27/1/2022).

Pria yang aktif bekerja di Lembaga Pelatihan Penerbangan CFAS, Yogyakarta ini menyuguhkan berbagai makanan dan vitamin untuk kucing kesayangannya.

"Ada makanan berupa nasi urap lengkap, buah-buahan, jajan pasar serta makanan kucing kering, basah dan vitamin untuk baby kucing nanti," jelasnya.

Pria yang tinggal di Klaten, Jawa Tengah ini mengungkapkan alasan membuat acara selapanan untuk kucing yang baru lahir. Ia sebelumnya pernah meminta saran pada warganet untuk nama anak kucingnya.

"Untuk simbol pemberian nama ada jenang merah dan putih. Nama Devon kita pilih dari usulan teman-teman di TikTok. Sebelum acara selapanan saya unggah video minta saran nama dari teman-teman di TikTok. Alhamdulillah ada lebih dari 1.000 respon," ucap Rio.

Pria 30 tahun itu mengaku ingin menggelar acara lagi untuk Devon, kucing kesayangannya. "Insya Allah tanggal 5 Februari akan diadakan acara Tedak siten untuk Baby Devon," pungkasnya.

(gaf/eny)